Polres Kerahkan 300 Personel Operasi Lilin 2016

id Operasi lilin

Polres Kerahkan 300 Personel Operasi Lilin 2016

Apel gelar pasukan operasi lilin (ANTARA SUMBAR) ( )

Padang, (Antara Sumbar) - Polres Solok Selatan, Sumatera Barat, mengerahkan sekitar 300 personel dalam Operasi Lilin Singgalang 2016 untuk mengamankan perayaan Natal dan malam pergantian tahun.

"Selain dari personel polri, dalam pelaksanaan Operasi Lilin juga akan dibantu oleh instansi lainnya, seperti TNI, Dinkes, Satpol PP, Dinas PU dan BPBD," kata Kepala Polres Solok Selatan, AKBP Ahmad Basahil ketika dihubungi di Padang Aro, Sabtu.

Selama Operasi Lilin Singgalang 2016 yang akan digelar selama 10 hari, 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017, sebutnya Polres Solok Selatan akan mendirikan pos pengamanan di dua lokasi, yakni di Ruang Terbuka Hijau Muaralabuh Kecamatan Sungai Pagu dan Lubuk Malako Kecamatan Sangir Jujuan.

"Setiap pos, kami akan menempatkan personel empat orang," ujarnya.

Pihaknya, imbuhnya, juga akan melakukan patroli dalam rangka sterilisasi perayaan Natal. Sterilisasi, imbuhnya, akan dilakukan sebelum perayaan Natal.

Patroli, sebutnya akan dilakukan di daerah sekitar rumah ibadah yang digunakan oleh umat Nasrani untuk perayaan Natal.

"Di Solok Selatan belum ada gereja. Umat Nasrani merayakan Natal di rumah warga yang digunakan sebagai rumah ibadah, yakni di Sikinjang dan Mitra Kerinci, Kecamatan Sangir," ujarnya.

Ia menyebutkan, umat Nasrani di Solok Selatan yang menggelar perayaan Natal di daerah itu berkisar 15 orang. "Selain ada yang pulang kampung, seperti ke Medan Sumatera Utara. Sebagian ada yang merayakan Natal di Padang," tambahnya.

Dari pengalaman tahun sebelumnya, imbuhnya perayaan Natal di kabupaten yang berbatasan dengan Kerinci, Jambi ini selalu berjalan kondusif. "Semoga kondisi kondusif tetap terjaga," ujarnya. (*)