Wartawan Tanah Datar Kunjungi Redaksi Republika

id kunjungan wartawan

Wartawan Tanah Datar Kunjungi Redaksi Republika

Wartawan Tanah Datar saat berkunjung ke Redaksi Harian Republika di Jakarta, Rabu (14/12). (ANTARA SUMBAR/Irfan Taufik)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Sebanyak 30 wartawan Tanah Datar didampingi Bagian Humas Pemda setempat mengunjungi Redaksi Harian Republika di Jakarta untuk menambah pengetahuan bidang jurnalistik.

"Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka silaturahim sekaligus menambah wawasan para wartawan pada lingkup Pemda Tanah Datar terkait pers," kata Kabag Humas Setdakab Tanah Datar Adriyanti Rustam di Ruang Redaksi Harian Republika, di Jakarta, Rabu.

Kunjungan wartawan media cetak dan elektronik serta Bagian Humas Tanah Datar ini disambut Redaktur Pelaksana Harian Republika Subroto dan beberapa redaktur media cetak nasional tersebut.

Ia mengatakan kunjungan ke Harian Republika karena merupakan koran nasional terbesar yang awak redaksinya cukup banyak berasal dari Sumatera Barat.

"Dengan kunjungan rekan wartawan Tanah Datar ini hendaknya memperoleh ilmu jurnalistik yang dapat direalisasikan di lapangan untuk pembangunan Luhak Nan Tuo," ucapnya.

Ia juga mengharapkan Redaksi Republika dapat datang dan meliput kegiatan dan potensi Kabupaten Tanah Datar untuk diekpos di surat kabar tersebut misalnya Nagari Pariangan yang menjadi salah satu daerah terindah di dunia, iven Pacu Jawi, Tour de Singkarak, dan potensi wisata lainnya.

Sementara itu, Redpel Harian Republika Subroto menyampaikan apresiasi atas kedatangan wartawan dan bagian Humas Tanah Datar tersebut.

Ia mengatakan wartawan yang berada di daerah memiliki tugas lebih berat dibanding wartawan pusat, karena mengemban tugas publikasi persoalan daerah sekaligus persoalan pusat.

"Pers memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan daerah dan melayani informasi publik sehingga tiap wartawan dituntut profesional dan memenuhi standar pers yang baik," katanya.

Ia menyampaikan standar pers tersebut ialah terkait ketaatan pada kode etik serta hukum yang mengedepankan panggilan moral dan integritas yang tinggi.

Sebelum mengunjungi Redaksi Republika, para wartawan melihat dua objek wisata terkenal di Jakarta yakni Monumen Pancasila Sakti dan Anjungan Rumah Gadang Provinsi Sumbar di TMII. (*)