DPRD Sumbar: Pengamalan Pancasila Jaga Persatuan Bangsa

id pengalaman pancasila

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Hendra Irwan Rahim mengatakan pengamalan Pancasila menjadi cara paling efektif untuk menjaga persatuan.

"Pancasila sudah diketahui semua orang karena sudah diajarkan sejak di bangku sekolah dasar. Namun sekedar tahu dan paham saja ttidak cukup, perlu pengamalan dalam sikap dan perbuatan sehari-hari," katanya saat menjadi pemateri dalam kegiatan pembekalan kader bela negara yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan RI di Padang, Rabu.

Ia menyebutkan semua hal tentang keberagaman, persatuan dan keadilan itu sudah ada di Pancasila serta sudah diketahui dan hafal sejak kecil.

Tapi yang terpenting, imbuhnya Pancasila harus diamalkan dalam sikap dan perbuatan sehari-hari agar Indonesia tetap bersatu dan tidak mudah terpecah belah.

"Apalagi karena isu-isu yang ditunggangi kepentingan politik dan golongan," katanya.

Misalnya, ujarnya sila pertama tentang Ketuhanan Yang Maha Esa. Menurutnya sila ini menegaskan bahwa Indonesia bukan negara milik satu agama tertentu saja, namun ada beberapa agama yang diakui oleh Indonesia.

"Oleh karena itu semua orang harus saling menghormati," ujarnya.

Bukan hanya soal perbedaan agama saja, katanya pada sila ketiga juga sudah ditegaskan tentang persatuan Indonesia.

Sila ini menegaskan bagaimana semua masyarakat Indonesia harus menghargai perbedaan yang ada di Indonesia, baik itu suku, agama, ras dan golongan.

"Semua perbedaan itu harus dihargai dan tidak menjadi sumber perpecahan," ujarnya.

Ia mengatakan negara Indonesia memiliki banyak perbedaan, namun harus tetap satu dan tidak menjadikan perbedaan itu sebagai sumber kebencian dan perpecahan.

Ia meminta masyarakat yang merasa berada dalam kelompok mayoritas tidak memaksakan kehendak pada kelompok yang minoritas. (*)