SMKN 1 Lubuk Basung Gelar Festival Lagu Minang

id festival lagu minang

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lubuk Basung, Kabupaten Agam, menggelar festival lagu Minang antarpelajar se Sumatera Barat, dalam melestarikan kesenian tarik suara.

Festival dengan dewan juri artis Minang seperti Ucok Sumbara, Renima dan Handri Buana, digelar di halaman SMKN 1 Lubuk Basung.

Kepala SMKN 1 Lubuk Basung, Hidayat di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan festival lagu Minang ini diikuti 38 orang yang berasal dari siswa SLTP se-Agam sebanyak 10 orang, siswa SMA, MA dan SMK se-Sumbar sebanyak 28 orang.

"Bagi pemenang nantinya akan mendapatkan tabanas, piagam dan tropi," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan ini sebagai wadah untuk mempromosikan sekolah, menyalurkan bakat dalam seni olah vokal bagi siswa dan siswi.

Selain itu, untuk menjauhkan para peserta didik dari penyakit masyarakat yang sangat meresahkan pada akhir-akhir ini.

"Ini tujuan dari kegiatan ini sehingga tersalurkan bakat mereka dan mereka tidak terlibat penyakit masyarakat seperti, tauran, minum-minuman keras dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan, festival lagu Minang ini merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) SMKN 1 Lubuk Basung ke-13 tahun.

"Kita juga mengadakan jalan santai dan pameran pendidikan perkopetensi keahlian siswa," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agam, Hadi Suryadi menambahkan, memberikan apresiasi kepada pihak sekolah yang telah mengelar festival ini dalam melestarikan kesenian kepada generasi muda.

"Kita berharap festival ini diadakan setiap tahun dan sekolah lain untuk dapat mengelar kegiatan serupa dalam menyalurkan bakat siswa," katanya.

Kedepan, tambahnya, pihak sekolah untuk dapat meningkatkan kerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengadakan kegiatan ini.

Dengan cara itu, maka kegiatan tersebut akan berjalan lebih baik. (*)