Lahirkan Atlet Berprestasi, Agam Adakan Pelatihan Panahan

id panahan

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengadakan pelatihan dasar untuk pelatih panahan bagi 30 guru olahraga guna melahirkan atlet berprestasi di daerah itu.

"Pelatihan ini diikuti sebanyak 30 peserta yang berasal dari guru olahraga SMP dan SMA di Agam. Sementara instruktur berasal dari pengurus Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Provinsi Sumbar dan diperagakan oleh Satria atlet peraih enam medali emas pada Porprov XIV di Padang," kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Agam, Jufri di Lubuk Basung, Selasa.

Pelatihan ini diadakan di Hotel Permata Bunda Lubuk Basung pada Rabu (7/12) sampai Senin (12/12).

Ia menambahkan pelatihan ini diadakan karena potensi atlet panahan sangat banyak di Agam dan Kabupaten Agam merupakan yang pertama kali mengadakan pelatihan panahan di Provinsi Sumbar.

Setelah pelatihan ini, pihaknya menargetkan semua peserta membentuk klub panahan di sekolah tempat mereka mengajar.

Dengan cara ini, maka klub tersebut bisa melahirkan satu atlet berprestasi nantinya.

"Setidaknya ada 30 atlet berprestasi di Agam dan ini target kita sehingga mereka bisa mewakili Sumbar pada PON," katanya.

Pada 2017 nanti, tambahnya, panahan ini akan masuk pada Olimpiade Olahrga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Agam.

Ketua DPRD Agam, Marga Indra Putra memberikan apresiasi kepada dinas terkait yang telah mengadakan pelatihan dasar panahan.

Namun ia berharap dinas terkait untuk mengadakan pelatihan untuk seluruh cabang olahraga yang ada.

Dengan cara ini, maka Agam memiliki pelatih dalam melatih generasi muda untuk meningkatkan prestasi dibidang olahraga.

"Saya yakin beberapa tahun kedepan, Agam memiliki atlet berprestasi diseluruh cabang olahraga yang akan mengharumkan nama daerah tingkat nasional maupun internasional," katanya. (*)