Menteri BUMN Resmikan Rumah Kreatif Di Solo

id Rini

Menteri BUMN Resmikan Rumah Kreatif Di Solo

Menteri BUMN Rini Soemarno. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Solo, (Antara Sumbar) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno meresmikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang ada di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha mikro kecil dan menengah yang dipusatkan di Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Rini Soemarno yang didampingi Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam mengatakan, kegiatan meresmikan RKB baru di Jalan Adi Soemarmo Manahan Solo, menyusul di berbagai daerah tersebut merupakan ide kreatif dari Bank BRI yang terus mendorong UMKM di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitasnya.

Menurut Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam peremian RKB Bank BRI di Solo tersebut yang ke-17, dan sebelumnya tersebar di seluruh Indonesia di antaranya, Yogyakarta, Gianyar, Mataram, Manado, Makassar, Bukittinggi, Serang, Jakarta, Tasikmalaya, Pekalongan, Sidoharjo, Banjar, Banda Aceh, Jayapura, Kendari, dan Bandung.

Asmawi Syam mengatakan sekarang ada terminologi baru di dalam pembinaan dan pengembangan UMKM di Indonesia yakni rumah kreatif. RKB ini, merupakan prakarsa dari Menteri BUMN yang meminta Bank BRI untuk membangun UMKM.

"RKB tujuannya bagaimana membangkitkan usaha UMKM di Indonesia, agar supaya tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tetapi juga bsia merambah ke pasar internasional," katanya.

Menurut dia, pihaknya dengan RKB mengajak para pengusahan UMKM untuk menjual produknya tidak hanya di pasaran lokal, tetapi juga ke mancanegara.

Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijorso menjelaskan Bank BRI berkomitmen untuk menciptakan RKB sebagai dukungan nyata sinergis BUMN menyiapkan wadah sebagai pusat edukasi, sarana pembinaan, pengembangan, dan digitalisasi UMKM.

Menurut Hari Siaga Amijorso, RKB di Solo antara lain Batik Canthing Solo, Batik Solo SYN, Batik Putra Laweyan dan sejumlah pelaku kerajinan ekonomi kreatif lainnya.

Menurut dia, usaha UMKM di RKB tersebut selain mendapatkan pembinaan dan pelatihan, juga langsung memasarkan produknya secara online melalui situs blanja.com. Dengan pemanfaatan situs itu, sebagai etalasi online, penjual tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu.

"Jual produk melalui situs blanja.com memiliki jangkauan pemasaran produk lebih luas dan manajemen usaha efektif, sehingga dapat meningkatkan daya saing bukan hanya di lokal tetapi juga di mancanegara," kata Amijorso.

Rumah Kreatif BUMN yang diresmikan di Solo, memilii empat ruangaan utama, yakni registrasi, konsultasi, pelatihan dan ruang display. Ruang registrasi digunakan untuk mendaftarkan dan analisis kompetensi UMKM.

Pada ruang tersebut, kata dia, dilengkapi demhgam perangkat "personal computer" (PC) untuk mengakses situs rbk.id. Ruang konsultasi untuk UMKM dan proses digitalisasi prosuk, serta dilengkap perangkat PC dan televisi untuk mengakses situs blanja.com.

Bank BRI sebagai bank yang memiliki fokus bisnis pada sektor UMKM, kata dia, memiki peran untuk menumbuihkan "digital mentality" pada para pelaku UMKM di Indonesia.

"Selain RKB, Bank BRI telah berjkontribusi untuk mengembangkan digitalisasi UMKM, di antaranya, program satu juta domain gratis untuk UMKM dan peluncuran teras BRI Digital," katanya.

Sementara Menteri BUMN Rini Soemarno setelah meremiskan RKB kemudian meninjau barang-barang produksi yang sudah masuk etalase di RKB termasuk fashion, kerajinan ekonomi kreatif, handicraft, dan lain-lain. (*)