Wapres : Kita Kehilangan Sosok Yang Bersih

id Wapres Jusuf Kalla

Wapres : Kita Kehilangan Sosok Yang Bersih

Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA /Yudhi Mahatma)

Jakarta, (Antara Sumbar) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut mantan Menteri Keuangan Mar'ie Muhammad sebagai sosok yang bersih dan jujur semasa menjabat.

"Kita kehilangan sosok yang dahulu pada saat menjabat sebagai Menteri Keuangan dikenal sebagai Mr. Clean," ujar Wapres saat melayat di rumah duka, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu.

Menurut Wapres, semasa pengabdiannya Mar'ie selalu bekerja dengan sepenuh hati, berdasarkan logika, dan menerapkan cara-cara yang bersih dan jujur.

"Kita tentu berduka karena beliau saat menjabat sebagai orang yang sangat bersih dan jujur," kata Kalla.

Kejujuran yang diajarkan Mar'ie Muhammad juga menjadi nilai keteladanan paling menonjol yang diingat oleh Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Menurut Arcandra, Mar'ie adalah sosok yang sederhana, lurus, dan penih dedikasi.

"Inilah teladan paling berharga yang bisa kita peroleh dari beliau selain kapasitasnya sebagai Menteri Keuangan yang tentu tidak perlu diragukan. Menjadi pejabat kan bukan hanya soal kapasitas, integritas juga harus jalan beriringan," kata Arcandra.

Mar'ie Muhammad wafat pada usia 77 tahun setelah menderita sakit dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta.

Mar'ie Muhammad adalah Menteri Keuangan pada era Kabinet Pembangunan VI atau periode 1993-1998, setelah sebelumnya mengabdi sebagai Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan pada 1988 hingga 1993.

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 3 April 1939 ini pernah dijuluki sebagai "Mr Clean" karena perjuangannya dalam memberantas korupsi ketika budaya koruptif merajalela.

Jenazah Mar'ie akan terlebih dahulu disalatkan di Masjid Al-Azhar sebelum dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan. (*)