Menteri BUMN Kunjungi Korban Gempa Aceh Senin

id Rini

Menteri BUMN Kunjungi Korban Gempa Aceh Senin

Menteri BUMN Rini Soemarno (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Cilacap, (Antara Sumbar) - Menteri BUMN Rini Soemarno akan mengunjungi para korban gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh untuk memberikan bantuan sebagai bentuk ikut prihatin dan sekaligus menunjukkan kepedulian BUMN bagi sesama.

"Hari Senin (12/12), saya akan langsung ke lokasi-lokasi pengungsian. Mari kita bersama-sama berdoa untuk saudara kita yang menjadi korban gempa Aceh. Presiden menginstruksikan saya untuk menggalang bantuan BUMN bagi korban," kata Rini, di sela-sela HUT ke-59 PT Pertamina (Persero) di Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu.

Menurut Rini, Presiden Joko Widodo menginstruksikan selain memberikan sembako, BUMN juga membantu penyediaan material bangunan seperti semen untuk membangun kembali rumah-rumah dan infrastruktur yang rusak.

Sejauh ini, menurut Rini, sekitar 60 BUMN sudah berpartisipasi menyalurkan bantuan hingga total nilai sekitar Rp9 miliar.

"Bantuan BUMN berupa selimut, makanan, minuman, alat berat, pendirian posko kesehatan, posko telekomunikasi selama masa tanggap darurat," ujarnya.

Aksi solidaritas ini, kata Rini, sekaligus mewujudkan kerja nyata program "BUMN Hadir Untuk Negeri" yang mengkoordinasikan sejumlah BUMN beberapa saat setelah bencana hingga periode pemulihan pascabencana.

"Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan, BUMN berkomitmen membantu dan berpartisipasi dalam tanggap darurat terkait bencana gempa di Aceh, maupun rehabilitasi pasca gempa, sehingga dapat meringankan beban saudara-saudara kita yang tengah ditimpa musibah," ujarnya.

Untuk menggalang bantuan tersebut, enam BUMN ditunjuk sebagai koordinator yakni Perum Bulog, PT Pertamina, PT Semen Indonesia, BRI, PT Telkom, dan PT Pelabuhan Indonesia I.

Keenam BUMN tersebut langsung mendirikan Posko Kesehatan dan Tanggap Darurat di berbagai lokasi yang tersebar di Pidie Jaya. (*)