Pemkab Barito Utara Pelajari Kebijakan Pariwisata Padang

id pariwisata padang

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah mempelajari kebijakan Pemerintah Kota Padang karena dinilai sukses menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan pengelolaan pariwisata.

"Meskipun investor telah mulai berinvestasi di Barito Utara seperti sektor perkebunan namun kita juga perlu mengelola pariwisata," kata Sekretaris Daerah Barito Utara Jainal Abidin di Padang, Selasa.

Ia mengatakan dipilihnya Kota Padang karena pemerintah setempat berhasil mengelola pariwisata serta diiringi dengan pembangunan berbagai sektor guna mendukung kepariwisataan di kota itu.

Menurutnya pengelolaan pariwisata di Kota Padang perlu ditiru guna meningkatkan pemanfaatan potensi wisata di Barito Utara agar dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Kami yakin pengelolaan pariwisata di Barito Utara dapat membaik meski tidak memiliki pantai seperti Kota Padang," katanya.

Pemanfaatan potensi pariwisata yang akan di lakukan Pemkab Barito Utara yaitu seperti pengelolaan perbukitan serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Padang Asnel mengatakan kota itu memiliki 10 program unggulan yang di dalamnya fokus pada berbagai bidang seperti mengembangkan pariwisata.

"Saat ini kami mengandalkan potensi laut, perbukitan, dan wisata kota tua yang semuanya dimasukkan ke dalam konsep wisata terpadu (KWT) Gunung Padang," katanya.

Ia mengatakan semua sektor wisata tersebut terus dibenahi pemerintah dan pihak terkait serta dalam pengelolaanya pihaknya juga didukungan dari masyarakat di kota itu. (*)