Ketum KNPI Imbau Pemuda Jaga Kesatuan

id KNPI

Ketum KNPI Imbau Pemuda Jaga Kesatuan

Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Antara) ()

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia Muhammad Rivai Darus mengimbau kepada kalangan pemuda agar menjaga kesatuan dan kesatuan bangsa agar tetap utuh.

"Dengan beberapa kejadian yang muncul saat ini, pemuda harus ikut menjaga persatuan dan kesatuan bangsa ini," katanya pada pembukaan Rapat Pimpinan Provinsi Ke-14 KNPI Sumbar di Padang, Jumat (2/12) malam.

Dalam menjaga kesatuan, kata ketua umum organisasi itu yang berasal dari daerah Papua tersebut, para pemuda mempunyai andil dan peranan besar.

"Dinamika kebangsaan yang baik perlu dikomunikasikan sampai ke jenjang paling bawah. KNPI dapat melakukan itu karena organisasi itu sampai ke tingkat kecamatan," katanya.

Ia juga menyampaikan agar pemuda terus mengembangkan kreativitas dan ikut bersaing dengan perkembangan global.

Hal itu, sesuai dengan amanat Presiden yang disampaikan kepada DPP KNPI, ketika mengadakan pertemuan di Jakarta, 5 Oktober 2016.

Di hadapan ratusan pengurus dan anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Sumbar yang menghadiri pembukaan rapimprov itu, ia juga mengingatkan agar KNPI tetap konsisten dengan fungsinya sebagai tempat berhimpun Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP).

"KNPI adalah wadah yang menghubungkan antara pemerintah dengan OKP yang ada, untuk itu harus bisa menempatkan diri secara baik. Jangan tercampuri oleh kepentingan perorangan atau suatu golongan," katanya.

Ketua DPD KNPI Sumbar Defika Yufiandra mengatakan dalam rapimprov itu akan dilakukan pembahasan bersama tentang agenda KNPI untuk tahun mendatang.

"Akan dilakukan pembahasan program yang akan dijalankan pada 2017, yang bertujuan untuk memajukan 62 OKP yang berada di naungan KNPI Sumbar," katanya.

Ia mengingatkan organisasi itu tidak menjadikan keterbatasan dana sebagai alasan untuk tidak melakukan kegiatan.

Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Hanky Mustav Sabarta menyampaikan apresiasi kepada KNPI Sumbar di bawah kepemimpinan Defika Yufiandra, karena tanpa anggaran dari pemerintah tetap melaksanakan berbagai kegiatan kepemudaan selama dua tahun terakhir.

"Pengurus dan anggota KNPI harus kreatif ketika terkendala dengan dana, dan tetap berkegiatan. Namun saya juga berharap agar pemerintah memberikan perhatian dalam bentuk penyediaan anggaran," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Priadi Syukur berharap rapimprov dapat menghasilkan program-program yang baik untuk 2017. sehingga dapat disinergikan dengan program pemerintah.

Rapimrov digelar sejak 2-4 Desember 2016 dengan tema "Tingkatkan Peran Pemuda Untuk Menjaga Kebhinekaan". (*)