DPRD: Kekurangan Bonus Atlet Porprov Harus Dianggarkan

id porprov sumbar

DPRD: Kekurangan Bonus Atlet Porprov Harus Dianggarkan

Logo Porprov XIV Sumbar.

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Armen Syahjohan mengatakan pemerintah setempat harus menganggaran kekurangan bonus atlet pekan olahraga provinsi sesuai dengan janji.

"Atlet berjuang untuk mengharumkan nama daerah dan sekarang perolehan medali mereka melebihi capaian sebelumnya," katanya di Padang Aro, Selasa.

Peroleh medali sementara Solok Selatan pada Porprov ke-14 ini, yakni 28 emas, 31 perak dan perunggu 53 keping.

Dengan jumlah peroleh medali ini, sebutnya terjadi kekurangan bonus sehingga pemerintah menganggarkan kekurangannya di APBD 2017.

Ia mengatakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Solok Selatan saat ini sedang masa pembahasan KUA PPAS sehingga berapa anggaran bonus atlet bisa segera dimasukan.

"Pemerintah daerah harus memastikan dulu berapa kekurangannya setelah itu baru dimasukkan dalam APBD 2017," ujarnya.

Untuk DPRD sendiri, sebutnya mendukung penambahan bonus atlet.

Kedepan, katanya pembinaan atlet harus lebih baik agar prestasi Solok Selatan mampu dipertahankan.

"Saya minta maaf pada atlet karena tidak sempat memberikan support langsung saat bertanding karena ada diklat partai di Hambalang. Saya baru sempat bertemu setelah siap bertanding. Namun saya mengapresiasi prestasi KONI tahun ini yang mampu masuk 10 besar Porprov," tuturnya.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan sebelumnya mengalokasikan dana Rp900 juta untuk bonus atlet pada APBD 2016.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Bujang Basri mengatakan usulan dari KONI besaran bonus atlet peraih medali emas sebesar Rp30 juta, perak Rp10 juta dan perunggu Rp5 juta.

"Telaah Staf terkait bonus ini besok kami ajukan ke Bupati. Kami berharap dalam pekan ini telah ditandatangani pak Bupati," ujarnya.

Ia menyebutkan pihaknya tidak melakukan perubahan besaran bonus bagi atlet yang meraih medali pada Porprov yang berlangsung di Padang ini.

"Berapa yang diusulkan KONI, jumlah itu yang kami ajukan ke pak Bupati," ujarnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Syamsurizaldi melalui pesan media sosial mengatakan bonus atlet sudah bisa diberikan secara simbolis oleh Bupati pada ulang tahun Solok Selatan yaitu 7 Januari 2017.

"Apresiasi untuk atlet dan semua yang berhak sudah disiapkan oleh pemerintah daerah mudah-mudahan pada Hutkab ke-13 Solok Selatan penghargaan sudah bisa diserahkan secara simbolis oleh Bupati," tambahnya. (*)