2.249 Foto Masuki Seleksi IPC Teluk Bayur

id LOMBA FOTO TELUK BAYUR

2.249 Foto Masuki Seleksi IPC Teluk Bayur

Sejumlah fotografer memotret kawasan dermaga pada Lomba Foto Hunting IPC Teluk Bayur, di pelabuhan tersebut, di Padang, Sumatera Barat, Minggu (27/11). Lomba yang digelar IPC PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) dengan objek foto kawasan pelabuhan Teluk Bayur itu diikuti ratusan peserta yang memperebutkan hadiah total senilai Rp20 juta. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - Sebanyak 2.249 foto dari 235 peserta memasuki tahap seleksi yang merupakan hasil dari hunting atau berburu objek foto di Pelabuhan Teluk Bayur Padang pada event Photo Hunting IPC Teluk Bayur pada Minggu (27/11).

"Keseluruhan terdapat 2.249 foto yang diberikan oleh peserta pada panitia setelah pelaksanaan hunting kemaren," kata General Manajer PT Pelindo II Teluk Bayur Mulyadi di Padang, Senin.

Menurutnya semua foto yang masuk memiliki sudut pandang menarik yang menggambarkan suasana pelabuhan yang meliputi berbagai aspek seperti kapal, gudang dan juga aktivitas bongkar muat di dermaga.

"Foto-fotonya menarik, karena ada banyak gambar beragam yang mana dapat memperkaya khazanah Teluk Bayur dalam gambar," kata dia.

Selanjutnya ia menambahkan dalam penyeleksian ini tim juri mengalami beberapa kesulitan memilih foto yang akan masuk ke dalam nominasi karena dari ribuan foto terdapat banyak foto yang sama dengan sudut pandang yang menarik.

Ia menambahkan peserta kegiatan ini banyak juga yang berasal dari kalangan profesional yang mengerti tentang ilmu fotografi sehingga bagi orang yang awam tentang dunia fotografi foto-foto itu terlihat bagus.

Sementara itu Kepala Divisi Pemberitaan Foto LKBN Antara Hermanus Prihatna yang juga menjadi salah satu juri mengatakan proses penjurian kali ini berjalan cukup menarik karena latar belakang juri dan kualitas foto yang masuk.

"Penjurian kali ini berjalan cukup menarik karena juri berasal dari berbagai latar belakang, seperti dari jurnalis foto, akademisi dan juga dari pihak Pelindo sendiri," katanya.

Ia menambahkan dari penilaian awal terdapat 2.000 lebih foto, selanjutnya diseleksi menjadi 400 foto sampai akhirnya dipilihlah 50 foto untuk kemudian disortir lagi menjadi 20 foto terbaik.

"Foto-foto yang dipilih memanglah foto-foto yang mewakili seluruh aktivitas pada titik yang telah ditentukan di wilayah Teluk Bayur itu sendiri," tambahnya. (*)