Atlet PON Solok Selatan Tambah Emas Kontingen Porprov

id kempo

Atlet PON Solok Selatan Tambah Emas Kontingen Porprov

Ketua KONI Solok Selatan menyerahkan bonus kejutan pada Nico atlet PON yang berhasil mendapatkan emas pada Porprov XIV Sumbar kelas 70 kilogram di Kota Padang. (Dok Antara Sumbar/Erik Iffansya Akbar)

Padang , (Antara Sumbar) - Atlet Kempo asal Solok Selatan Sumatera Barat Nico yang berhasil mendapatkan emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat masih terlalu kuat bagi kontingen Sawahlunto Ison Efendi yang turun pada kelas Randori kelas 70 kilogram putra.

Selain Nico perolehan emas Solok Selatan pada cabang kempo juga didapatkan oleh Nadia Saputri kelas Randori kelas 49 kilogram putri yang berhasil mengalahkan atlet Kabupaten Tanah Datar Ratna Mustika yang dilaksanakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Semen Padang, di Padang, Minggu.

Selain itu Solok Selatan juga berhasil menambah dua medali perunggu dari cabang kempo dan masih menyisakan dua atlet lagi untuk berlaga di final yang akan dilansungkan Senin 28/11.

Nico dan Nadia setelah mendapatkan medali emas diberi bonus kejutan oleh Ketua KONI Solok Selatan dilokasi pertandingan.

Sedangkan pengalungan medali juga dilakukan lansung oleh Ketua Koni Solok Selatan Mario Syahjohan.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mario Syahjohan, mengatakan, kempo merupakan salah satu andalan Kabupaten itu untuk meraih medali.

"Kita berharap dua atlet yang usdah lolos kefinal termotifasi dengan raihan emas oleh Nico dan Nadia sehingga juga bisa mempersembahkan emas tambahan dari kempo," katanya.

Ke depan katanya, kedua atlet berprestasi ini akan dijadikan motifator sekaligus pelatih bagi pemula sehingga 2018 juga ada tambahan lagi.

Selain itu katanya, dari PABBSI juga menyumbangkan dua emas angkat besi remaja junior putra clean and jerk kelas 56 kilogram atas nama Arif dua medali serta satu perak.

Peluang dari PABBS juga masih terbuka karena pertandingan masih akan dilaksanakan selasa 29/11.

Hingga saat ini PABBSI menyumbang emas terbanyak Solok Selatan dengan delapan emas dan satu perak.

Solok Selatan hingga Minggu sudah mengumpulkan 25 emas, 27 perak serta 47 perunggu dan masih terbuka peluang untuk menambahnya pada Senin.

Berdasarkan data media center resmi Porprov XIV Sumbar perolehan medali Solok Selatan malah berkurang dimana berdasarkan yang dirilis Jumat 25/11 torehannya telah 18 emas, 13 perak serta 24 perunggu.

Sedangkan data perolehan medali yang dirilis terbaru oleh panitia melalui porprov14sumbar.padang.go.id jumlah torehan medali Solok Selatan justru berkurang dan hanya tercatat sembila emas, sembilan emas serta 25 perunggu.

Data media center yang dirilis oleh panitia sangat disayangkan oleh kontingen Solok Selatan karena Kota Padang sebagai pelaksana karena ini berdampak pada penilaian masyarakat yang tidak mengetahui faktanya di daerah. (*)