Unand Sertakan Empat Robot Pada KRTI Lampung

id Unand

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang Sumatera Barat menyertakan empat robot terbang dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) di Provinsi Lampung, 20 hingga 26 November 2016.

"Sebanyak 30 mahasiswa Teknik Mesin Unand bersama tiga pembimbingnya juga turut serta dalam lomba yang mempertandingkan kreativitas mahasiswa dalam bidang elektronika dan komputer tersebut," kata Wakil Bidang Kemahasiswaan Unand Prof Hermansah di Padang, Selasa.

Dia menyebutkan keempat robot tersebut mempunyai nama sesuai karakteristiknya, yakni "AFRG001 Unggeh Tabang, AFRG002 Gonjong Tujuah, AFRG003 Sikumbang Api, dan AFRG004 Alam Takambang".

Keempat unit robot tersebut memiliki fungsi yang berbeda, yakni pemetaan dan pemantauan terhadap suatu daerah untuk "Unggeh Tabang", kemudian untuk balap adu kecepatan untuk "Gonjong Tujuah", sebagai pemadam kebakaran untuk "Sikumbang Api".

Robot bernama "Alam Takambang" sesuai namanya dalam bahasa Minangkabau untuk berkembang fungsinya dalam pengembangan teknologi.

"Dalam kompetisi yang akan diikuti ratusan kampus tersebut juga Unand ikut pada kategori yang berbeda," katanya.

Bagi Unand, kata dia, merupakan tantangan berat untuk mempertahankan gelar juara yang pernah diraih pada tahun sebelumnya.

Meskipun begitu, dirinya optimistis Tim Unand kembali meraih prestasi dan juga memunculkan inovasi baru.

"Kami berharap tim sukses, dan menjadikan Unand salah satu pusat pengembangan robot terbang di Indonesia," ujarnya.

Ketika dihubungi di Padang, mahasiswa yang ikut sekaligus Ketua Tim KRTI Unand 2016 Ikhsan menjelaskan target dalam lomba tersebut bukan hanya menjadi juara, namun dapat menciptakan inovasi.

Dirinya berharap karya cipta kelompoknya tersebut dapat diterima banyak pihak dan dapat diaplikasikan untuk memudahkan aktivitas masyarakat. (*)