Pemkot Pariaman Minta Masyarakat Sukseskan Program Germas

id Germas

Pariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, mengimbau masyarakat kota itu untuk menyukseskan program Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang digagas oleh Wakil Presiden Indonesia Muhammad Jusuf Kalla.

Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, di Pariaman, Minggu, mengatakan program Germas harus didukung oleh semua pihak untuk menciptakan budaya hidup bersih dan sehat. "Pola hidup sehat dan bersih harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar agar masyarakat bebas dari ancaman penyakit berbahaya," kata dia.

Ia menyebutkan masyarakat yang membiasakan pola hidup sehat dan bersih akan berdampak langsung kepada kesehatan jasmani dan rohani. Oleh sebab itu lanjut dia, masyarakat dianjurkan untuk menjaga pola makan dan olahraga teratur setiap harinya.

"Makan, olahraga, dan istirahat harus teratur serta upayakan konsumsi buah-buahan setiap harinya agar kondisi tubuh selalu dalam keadaan fit," ujar Wali Kota Pariaman dua periode tersebut.

Menurutnya program Germas yang digagas pemerintah pusat merupakan bentuk nyata dari upaya pencegahan sebelum masyarakat terserang wabah penyakit.

Sebelumnya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise telah mencanangkan Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Kabupaten Padangpariaman.

"Germas merupakan program pemerintah pusat yang digagas oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla sebagai upaya meningkatkan kualitas budaya hidup sehat dan bersih," katanya

Ia mengatakan Germas program pemerintah pusat yang diteruskan ke seluruh provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia dalam meningkatkan kualitas hidup sehat dan bersih.

Oleh karena itu Germas diharapkan dapat dilakukan dengan cara promotif dan preventif dengan tujuan menurunkan beban penyakit, menurunkan beban biaya kesehatan, dan hal yang berkaitan dengan kesehatan lainnya.

"Pembangunan kesehatan Indonesia merupakan bentuk aplikasi nyata dari revolusi mental yang dibangun pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat terutama di bidang kesehatan," ujar Menteri asal tanah Papua tersebut.

Total ada 10 kabupaten dan kota se-Indonesia yang mencanangkan Germas di antaranya Kota Batam, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, Kota Jambi, Kabupaten Padangpariaman, Kabupaten Pandeglang, Kota Pare-Pare, Kabupaten Purbalingga, Kota Surabaya dan Kota Madiun. (*)