Rabu, 20 September 2017 - 29 Zulhijjah 1438 H

Gubernur: Jadikan Porprov Bentuk Karakter Jujur

Logo Porprov XIV Padang
Padang, (Antara Sumbar) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Priyitno mengatakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) harus dijadikan sebagai pembentuk karakter karena pada olahraga terdapat pelajaran kejujuran dan kedisiplinan.

"Oleh karena itu atlet harus jujur dalam bertanding dan disiplin untuk berlatih," kata Irwan Prayitno saat pembukaan Porprov XIV Sumbar di Padang, Sabtu malam (19/11).

Ia menegaskan kepada pemerintah kabupaten dan kota untuk tidak membeli atau menggunakan atlet daerah lain guna meningkatkan prestasi daerahnya karena dapat berpengaruh buruk kepada karakter atlet ke depan.

Irwan mengatakan para atlet juga harus menjaga sikap di daerah atlet itu bertanding karena hal tersebut mencerminkan bagaimana daerah atlet itu berasal.

Selain itu, lanjutnya ketika bertanding atlet harus mengutamakan hati nurani karena seluruh atlet dalam Porprov tersebut merupakan keluarga.

"Oleh karena itu jadikan Porprov sebagai silaturahmi kita untuk saling mendekatkan diri," ujarnya.

Ia mengimbau kepada wasit untuk memimpin pertandingan secara jujur agar tercipta atlet yang tidak saja berprestasi namun juga berkarakter.

Irwan berharap apapun yang terjadi jangan sampai atlet terpengaruh oleh lingkungan yang dapat berpengaruh buruk terhadap atlet itu sendiri.

"Apabila kejujuran dan kedisiplinan dijaga oleh atlet maka ke depan tercipta atlet yang berkarakter," katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Porprov XIV Sumbar Asnel mengatakan ketika bertanding atlet harus menjaga kejujuran agar ketika juara memperoleh kepuasan tersendiri.

Selain itu, lanjutnya wasit juga harus jujur karena atlet-atlet yang bertanding pada Porprov tersebut dipersiapkan untuk mengikuti pekan olahraga ke tingkat nasional. (*)














Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Joko Nugroho
         Sawahlunto, kota kecil yang berjarak sekitar 80 kilometer dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat ...
Baca Juga