Dompet Dhuafa Berdayakan Masyarakat Melalui Daya Mart

id Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa Berdayakan Masyarakat Melalui Daya Mart

Dompet Dhuafa Volunteer ()

Padang, (Antara Sumbar)- Dompet Dhuafa Republika menggagas program pemberdayaan masyarakat berbasis minimarket pertama di Indonesia pada bidang ritel yang diberi nama Daya Mart di Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar).

"Untuk yang pertama ini kami dirikan di Kota Padang, dimana keuntungan minimarket tersebut disalurkan untuk membantu masyarakat miskin," kata Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Ismail Said saat Grand Opening Daya Mart di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan dalam proses pendirian Daya Mart, Dompet Dhuafa bekerjasama dengan konsultasi ritel agar dapat terus berkembang.

Program ini, katanya menjadi percontohan nasional karena bertujuan untuk membantu masyarakat miskin agar bisa berdaya dan mandiri melalui Daya Mart tersebut.

Daya Mart, ujar Ismail juga membina para mustahik atau orang yang berhak menerima zakat untuk belajar bisnis ritel dan membina masyarakat yang memiliki warung-warung kecil disekitar Daya Mart yang berupa memberi pengetahuan manajemen dan modal usaha dalam bentuk suplay barang dengan harga yang lebih murah.

Dalam peresmian Daya Mart tersebut, pihaknya juga menggelar kegiatan lain seperti pengobatan gratis bagi warga miskin dan pembagian sembako bersubsidi.

Salah seorang salah satu masyarakat yang dibina oleh Daya Mart, Judar mengatakan Harga pokok yang ditawarkan Daya Mart lebih murah dibanding membeli barang di pasar.

"Saya pemilik warung kecil tetap mendapat keuntungan jika berbelanja di Daya Mart," Ujarnya.

Sementara Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengapresiasi program tersebut karena akan bermanfaat sekali untuk masyarakat.

"Alhamdulillah Kota Padang menjadi pilihan pertama dibukanya Daya Mart ini," kata dia.

Ia menyebutkan pihaknya sangat mendukung jika ada program-program seperti Daya Mart karena mementingkan ekonomi masyarakat.

Irwan berharap bisnis untuk sosial itu dapat terus berkembang dan mengalirkan manfaatnya kepada orang banyak. (*)