Lima Desa Kabupaten Siak Digenangi Banjir

id banjir

Lima Desa Kabupaten Siak Digenangi Banjir

(ANTARA FOTO/Lucky R)

Siak, (Antara Sumbar) - Lima desa di kabupaten Siak, Provinsi Riau digenangi banjir dikarenakan penyempitan saluran irigasi dan parit-parit ditambah curah hujan cukup tinggi beberapa hari terakhir di daerah setempat.

"Curah hujan pada Selasa malam hingga Rabu (16/11) menyebab banjir menggenangi pekarangan rumah selutut dewasa," kata Yenti salah seorang warga dusun Tanjung Agung, kecamatan Mempura, Kamis.

Beberapa daerah tersebut diantaranya, kampung Jaya Pura, Buantan Besar yang berada di kecamatan Bunga Raya, serta dusun Tembak Rejo, Suak Rengas dan Tanjung Agung kecamatan Mempura.

Hingga hari ini Kamis, air belum sepenuhnya surut, dan pekarangan rumahnya masih digenangi banjir.

Kemudian, Penghulu Kampung Jayapura Sugeng mengatakan irigasi tidak berfungsi di kampungnya. Beberapa saluran juga pernah ditutup oleh pihak-pihak tertentu, sehingga terjadi banjir saat curah hujan tinggi.

"Irigasi yang sudah ada dulu ditutup warga, kemudian dia mengunakan gorong-gorong kecil sehingga menghambat jalannya air. Selain itu, drenase kita juga belum selesai," katanya.

Dia menyebutkan, drainase yang dibutuhkan masyarakat sekitar sepanjang 400 meter. Jika itu dibangun, akan bisa menyalurkan air ke anak-anak sungai yang ada.

"Kalau tidak dibangun drainase, juga terjadi pengikisan di anak-anak sungai sehingga air tidak dapat di tampung dengan baik," kata dia.

Sementara itu, Camat Mempura Hendy Derhavin mengatakan kesadaran masyarakat menjaga fungsi parit-parit masih kurang.

"Mengenai kedangkalan parit, hanya kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga fungsinya. Kadang ada runtuhan masyarakat tidak bergotong-royong, malah menunggu pemerintah dulu," paparnya.

Dia menyebutkan genangan air yang masuk ke pekarangan rumah masyarakat bermacam-macam ada sekitar 50-100 centimeter. (*)