Kementerian Kesehatan Perkenalkan Logo Baru

id Nila F Moeloek

Kementerian Kesehatan Perkenalkan Logo Baru

Menkes, Nila F Moeloek. (Antara)

Jakarta, (Antara) - Kementerian Kesehatan memperkenalkan logo baru bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 dengan tema "Indonesia Cinta Sehat" di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin.

Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, berharap logo baru Kemenkes dapat memberikan suasana dan semangat baru dalam mewujudkan masyarakat sehat.

"Semoga dapat mewujudkan tiga pilar program Indonesia Sehat, memunculkan semangat universal yang tulus dalam melayani," kata dia.

Pemilihan logo baru Kemenkes dilakukan melalui sayembara. Pemenang sayembara tersebut diperoleh desainer profesional asal Jakarta, Kunto Baskoro.

Logo baru Kemenkes berbentuk palang dan hati dengan didominasi oleh warna hijau dan turquoise. Pemilihan dua warna tersebut karena identik dengan kesehatan dan kesegaran.

Desain logo baru Kemenkes dibuat lebih sederhana tanpa ada tulisan "Bakti Husada" seperti logo sebelumnya.

"Saya memang ingin menciptakan logo yang minimalis tanpa tulisan supaya lebih modern, karena kecenderungan logo-logo zaman sekarang memang tidak ada tulisannya," kata Kunto.

Dia mengatakan filosofi dari logo baru tersebut merepresentasikan tiga pilar program Indonesia Sehat dan empat nilai Kementerian Kesehatan.

"Lambang hati juga menunjukkan bagaimana pelayanan kesehatan sejatinya memanusiakan manusia," ucap Kunto.

Logo Kemenkes yang diganti adalah logo "Bakti Husada" yang didominasi warna hijau dan putih dengan lambang palang hijau yang terletak di dalam bunga wijayakusuma dengan lima daun mahkota bermakna Pancakarsa Husada yang melambangkan tujuan pembangunan kesehatan sesuai dengan Sistem Kesehatan Nasional. (*)