Dua Mahasiswa Bung Hatta Ikuti Pertukaran Pelajar ke Jepang

id universitas bung hatta

Padang, (Antara Sumbar) - Dua mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat, berangkat ke Gifu University (GU) Jepang mengikuti program student exchange (pertukaran pelajar) selama satu bulan dari 16 November hingga 16 Desember 2016.

Mahasiswa itu adalah dari angkatan 2013 atas nama Redny Witri dan Sri Anggreini, kata Wakil Rektor III UBH, Dr. Diana Kartika, M.Hum usai pertemuan dengan Dekan Fakultas Teknologi Industri UBH, Drs. Ir. Mulyanef, M.Sc didampingi Sekretaris Jurusan Jurusan Teknik Kimia, Dr. Maria Ulfa, ST, MT UBH di Padang, Kamis.

Ia mengharapkan agar kedua mahasiswa ini dapat menjaga nama baik universitas selama mengikuti program ini dan setelah pulang nantinya dapat membagi segala ilmu yang diperoleh selama di Jepang kepada mahasiswa lainnya.

Tidak hanya itu, dengan program ini juga dapat memberikan motivasi dan penyemangat dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa tersebut, tambahnya.

Ia juga berharap agar selama di Jepang para mahasiswa itu harus dapat mencari peluang-peluang untuk bisa melanjutkan pendidikan di sana.

"Meski belajarnya dalam waktu yang singkat dapat memberikan manfaat yang sangat besar terutama dalam merubah cara berpikir dan memperluas wawasan," katanya.

Sedangkan Dekan Fakultas Teknologi Industri Drs. Ir. Mulyanef, M.Sc menyampaikan pimpinan fakultas sangat mendukung program student exchange ini sebagai bagian dari pengembangan akademik mahasiswa.

Ke depan, katanya akan lebih banyak lagi mahasiswa Fakutlas Teknologi Industri mengikuti program student exchange ini, seiring dengan telah terjalinnya berbagai kerja sama dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

"Selain dengan Gifu University, program student exchange ini terbuka juga untuk di Universiti Kebangsaan Malaysia," ujarnya.

Dengan program ini para mahasiswa dapat terus mengembangkan diri dalam menghadapi persaingan pada era global. Terus menjalin kerja sama dan berkomunikasi setelah mengikuti program ini, katanya.

Sedangkan Sekretaris Jurusan Teknik Kimia UBH, Dr. Maria Ulfa, ST, MT menyampaikan program "student exchenge" ini dimulai pertama tahun 2015.

UBH dengan Gifu University sudah menjalin kerja sama sejak 2009 melalui program "Basin River Environmental Leader" Gifu University dengan mengirimkan alumni Jurusan Teknik Kimia UBH untuk melanjutkan studi pada program magister dan doktor.(*)