Padang Panjang Siap Tindaklanjuti Wacana Menteri Pendidikan

id Padang Panjang

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), siap menindaklanjuti wacana Menteri Pendidikan dan kebudayaan untuk meliburkan murid sekolah pada hari Sabtu.

"Kalau memang akan diterapkan, Padang Panjang siap melaksanakan perintah dari Kemendikbud tersebut," kata Kepala Dinas Pendidikan Padang Panjang, Desmon di Padang Panjang, Selasa.

Ia mengatakan libur sekolah pada hari Sabtu itu, sudah sampai wacananya ke Dinas Pendidikan Padang Pajang, namun secara jelas belum ada aturan yang mengikatnya.

"Teknis dan bagaimana cara penerapnnya juga belum kami ketahui secara pasati, karena baru sebatas wacana," ujarnya.

Namun yang pasti, kebijakan dari pemerintah pusat untuk menjadikan Sabtu libur sekolah akan ditindaklanjuti di tingkat Kota Padang Panjang.

Masyarakat Padang Panjang, Rudy Wijayanto menyambut positif jika wacana libur sekolah pada hari Sabtu direalisasikan di daerah itu.

"Kami dari masyarakat ikut dengan keputusan pemerintah saja, yang penting baik bagi dunia pendidikan di Padang Panjang ini," katanya.

Masyarakat lainnya, Joni Sastra juga mendukung wacana tersebut, namun harus diimbangi dengan solusi lain dari dampak yang ditimbulkan dari suatu kebijakan.

"Dalam hal ini pemerintah juga harus mencarikan soluisi yang terbaik bagi murid, karena ada mata pelajaran yang akan digabungkan dengan hari lain, sehingga menambah jam pelajaran," ujarnya.

Sebelumnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mewacanakan libur sekolah pada hari Sabtu, sehingga masyarakat bisa menikmati libur bersama dengan anak.

"Masyarakat bisa mempergunkan waktu libur untuk berkunjung ke sejumlah objek wisata yang ada di Indonesia ini, karena libur sekolah ada dua hari," kata dia dalam suatu kegiatan Budaya di Kabupaten Tanah Datar beberapa waktu lalu. (*)