Unand akan Ikut Kembangkan Olahraga di Sumbar

id unand

Unand akan Ikut Kembangkan Olahraga di Sumbar

Unand.

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat menyatakan akan ikut mengembangkan olahraga di provinsi tersebut melalui berbagai kejuaraan di kampus.

"Dalam beberapa bulan terakhir telah digelar banyak kejuaraan olahraga yang tujuannya menghasilkan bibit atlet baru," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unand Prof Hermansah di Padang, Senin.

Dia menyebutkan menggelar pekan olahraga mahasiswa Unand beberapa bulan lalu bertujuan untuk menggali potensi atlet di kampus yang notabenenya bukan khusus pengembangan olahraga.

Hal ini, katanya untuk memberikan rekomendasi bagi pencari bakat olahraga di Sumbar mencari atlet potensial.

Sejauh ini menurutnya telah ada beberapa mahasiswa Unand ikut serta di seleksi Pekan Olahraga Nasional dan ada yang ikut Pekan Olahraga Provinsi di Padang bulan ini.

"Meski tidak khusus, para atlet ini diakomodasi oleh Unit Kegiatan Olahraga yang juga menginisiasi gelaran ajang olahraga lainnya," tambahnya.

Kemudian dari UKO ini, jelasnya dapat memfasilitasi berbagai ajang olahraga seperti lomba catur mahasiswa, pelatihan wasit nasional dan terakhir jadi tuan rumah ajang Torabika Soccer Campus.

Tujuan utamanya, katanya untuk menguatkan identitas Unand bukan hanya mencetak lulusan perguruan tinggi andal semata, namun juga menghasilkan atlet yang berprestasi di Sumbar.

"Kami melalui UKO bekerja sama dengan banyak pelaku olahraga seperti pelatih, Komite Olahraga Nasional Indonesia, dan Dinas Pemuda Olahraga," sebutnya.

Bahkan saat ini beberapa pelatih olahraga datang langsung ke kampus untuk memantau bakat mahasiswa Unand.

Menurutnya bila dibandingkan kampus yang khusus memiliki jurusan olahraga tentu Unand masih jauh, namun perlahan menambal kekurangan tersebut.

"Ke depan kami tidak hanya berorientasi pada lulusan ilmu saja namun juga pengembangan soft skill kemampuan lainnya seperti wirausaha, olahraga, seni dan budaya, " ujarnya.

Sementara itu salah satu alumni mahasiswa yang membina di UKO Unand Sepri Riski berharap ke depan Unand menghasilkan atlet berprestasi seperti halnya Universitas Negeri Padang.

Tidak hanya berprestasi dalam hal olahraga namun bidang dalam kuliahnya.

Untuk itu katanya dukungan dari pimpinan kampus akan meningkatkan semangat mahasiswa mengembangan olahraga tersebut. (*)