Unand Bersama Kampus Korsel Kembangkan Pendidikan Tinggi

id unand

Unand Bersama Kampus Korsel Kembangkan Pendidikan Tinggi

Unand.

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat bersama tiga kampus asal Korea Selatan (Korsel) bekerja sama untuk mengembangkan pendidikan tinggi di Indonesia.

"Kerja sama ini terkait pengajaran, dosen, penelitian dan pertukaran mahasiswa," kata Rektor Unand Prof Tafdil Husnni di Padang, Senin.

Dia menyebutkan tiga kampus Korea Selatan yang bekerja sama dengan Unand tersebut yakni Busan University of Foreign Study, Dankook University, dan Kyungsung University.

Khusus Busan University atau BUFS telah lama menjalin kerja sama seperti pemberian kesempatan pengajar Unand menjadi dosen tamu di fakultas Bahasa Indonesia dan Melayu.

Sedangkan kerja sama dengan Dankook University (DKU) dan Kyungsung University karena kedua kampus tersebut merupakan salah satu yang terkemuka di Korea Selatan.

"Kami telah melakukan penjajakan dengan ketiga kampus tersebut dan responnya positif," tambahnya.

Terlebih ketiga universitas telah dan sedang mengadakan kerja sama dengan kampus lain di Indonesia seperti DKU dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dalam hal pertukaran mahasiswa.

Kemudian Kyungsung University bekerja sama dengan sejumlah kampus favorit di Indonesia seperti ITB, Universitas Trisakti, Universitas Pelita Harapan dan Universitas Semarang.

"Hal ini lah yang akan diikuti Unand dengan mengundang perwakilan ketiga universitas pada Oktober 2016 lalu," ujarnya.

Dia berharap selain bisa mengembangkan secara institusi namun juga secara keseluruhan kampus di Indonesia.

Sebab kata dia, kampus Korea Selatan sebagai pencetak banyak lulusan andal dapat membina kampus Indonesia untuk lebih berkembang di dunia internasional.

Sebelumnya saat berkunjung ke Indonesia salah satu perwakilan kampus DKU Jang Ji Hoon mengatakan bahwa kerja sama dengan kampus Indonesia akan memberikan dampak positif untuk kedua belah pihak.

Terutama mendapat informasi dan pengalaman baru dari masing-masing negara asal kampusnya.

"Kami mendukung bila nantinya kerja sama akan diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman," ujarnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand Marifah (18) berharap kerja sama dengan universitas di luar negeri harus memberikan keuntungan yang nyata bagi kampus.

Dalam hal ini kata dia, pihak kampus harus selektif dalam memutuskan bidang yang dikerjasamakan. (*)