Pemprov Imbau Masyarakat Jadikan Al-Quran Sebagai Kebutuhan

id Al-Quran

Pemprov Imbau Masyarakat Jadikan Al-Quran Sebagai Kebutuhan

Al Quran ( )

Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat mengimbau masyarakat setempat untuk menjadikan Al-Qur'an sebagai kebutuhan karena kitab suci tersebut memiliki fungsi dan pesan yang patut diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Setidaknya ada empat fungsi serta enam pesan dalam Al Qur'an yang patut diamalkan," kata sekretaris daerah II Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Masyarakat Gubernur Sumbar Syafrudin saat pembukaan MTQ yang ke 44 tingkat kabupaten di Padangpariaman, Sabtu (5/11).

Ia menjelaskan keempat fungsi tersebut yaitu sebagai petunjuk dalam kehidupan agar apa yang dikerjakan bisa terarah sesuai dengan apa yang Allah perintahkan.

Selain itu, lanjutnya, yaitu sebagai sumber dari segala ilmu pengetahuan serta dapat dijadikan kekuatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Fungsi terakhir yaitu sebagai obat untuk jiwa dan raga sehingga bagi orang-orang yang khusyuk membacanya akan merasakan ketentraman," ujarnya.

Ia mengatakan pesan yang disampaikan yaitu ilmu yang terdapat dalam Al Qur'an dapat meningkatkan kepintaran seseorang jika membaca dan mengamalkannya.

Pesan selanjutnya yaitu dapat memperkuat kecerdasan serta melatih keterampilan pembacanya sehingga menjadikannya sebagai sosok yang cerdik dan terampil.

Selain itu pesan yang disampaikan dalan Al Qur'an yaitu dapat membangun karakter atau kepribadiaan sehingga menjadi seseorang yang berakhlak mulia serta menjadikan seseorang menjadi sosok kreatif dan inovatif.

"Pesan yang terakhir yaitu menjadikan seseorang bermanfaat dalam kehidupan," katanya.

Sejalan dengan itu, Bupati Padangpariaman Ali Mukhni berharap warganya dapat menjadikan Al Qur'an sebagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari karena nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci tersebut tidak hanya untuk dikehidupan sekarang namun juga untuk saat manusia menghadap yang maha kuasa.

"Oleh kerena itu program Maghrib mengaji yang telah dibuat dapat dimanfaatkan warga dengan baik," katanya.

Ia menambahkan dengan diselenggarakannya MTQ setiap tahun dapat meningkatkan semangat warganya untuk membaca dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Qur'an. (*)