Kamis, 23 Maret 2017 - 25 Jumadil Akhir 1438 H

Pemprov Dukung Target Padangpariaman Empat Besar MTQ

()
Parit Malintang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mendukung target Kabupaten Padangpariaman menjadi empat besar pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) yang ke 37 tingkat provinsi yang akan diselenggarakan di Kota Pariaman pada 2017.

"Sebelumnya Padangpariaman berada pada peringkat 18 dan saat ini berada pada peringkat 8," kata sekretaris daerah II Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Masyarakat Gubernur Sumbar Syafrudin saat pembukaan MTQ yang ke 44 tingkat kabupaten di Padangpariaman, Minggu.

Ia mengatakan target tersebut bisa terwujud karena Padangpariaman melaksanakan MTQ setiap tahun bahkan mulai dari tingkat nagari sampai pada kabupaten.

Selain itu, Padangpariaman juga melaksanakan wajib mengaji usai shalat Maghrib sehingga dengan kedua kegiatan tersebut dapat menciptakan bibit-bibit qari dan qariah baru.

"Namun terlepas dari itu, masyarakat Padangpariaman juga harus memaknai Al Qur'an," tegasnya.

Menurutnya dengan penyelenggaraan MTQ setiap tahun, program mengaji usai shalat Maghrib serta menerapkan nilai-nilai dalam Al Quran maka Padangpariaman bisa memperoleh target lebih daripada masuk empat besar.

Sementara itu, Bupati Padangpariaman Ali Muhkni mengatakan penyelenggaraan MTQ setiap tahun tersebut bertujuan untuk mencari bibit qari dan qariah yang mumpuni serta dapat meningkatkan peringkat daerah itu pada MTQ tingkat provinsi.

"Dengan MTQ serta program yang telah dibuat maka dapat menjadikan Padangpariaman menjadi empat besar dari yang sekarang," katanya.

Hal tersebut terbukti dari yang awalnya Kabupaten Padangpariaman menduduki posisi 18 namun setelah dijalankan program serta diselenggarakannya MTQ setiap tahun maka daerah itu menjadi peringkat 8 pada MTQ tingkat provinsi yang diselenggarakan di Sawahlunto pada tahun lalu.

"Oleh karena itu saya tegaskan kepada dewan juri untuk menilai para kafilah dengan objektif sesuai kemampuan qari dan qariah tersebut," tegasnya.

Namun, lanjutnya, yang paling penting ialah masyarakat Padangpariaman dapat menerapkan nilai-nilai yang terdapat dalam Al Quran pada kehidupan sehari-hari. (*)



Editor : M R Denya

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Azhari
         Hamparan hijau nan luas sejauh mata memandang ternyata bukan padang rumput, tapi kebun-kebun ...
Baca Juga