United Takluk 1-2 di Markas Fenerbahce

id Liga Europa

United Takluk 1-2 di Markas Fenerbahce

Liga Europa. (ist)

London, (Antara Sumbar) - Keterpurukan Manchester United semakin bertambah ketika gol-gol mengejutkan dari Moussa Sow dan Jeremain Lens membawa Fenerbahce menang 2-1 di kancah Liga Europa pada Kamis.

Kekalahan ini harus membuat pasukan Jose Mourinho menghadapi pertarungan sengit untuk mencapai fase gugur.

Tanpa kemenangan di empat pertandingan Liga Inggris, United sangat memerlukan hasil yang dapat mendongkrak moral di Turki namun mereka kemasukan oleh gol overhead di menit kedua dari Sow, dan tendangan bebas Lens sebelum Wayne Rooney membukukan gol hiburan.

Ketika pasukan Mourinho menghuni peringkat ketiga di Grup A, Zenit St Petesburg, Ajax Amsterdam, Shakhtar Donetsk, dan Schalke 04 melenggang mulus ke putaran gugur dengan dua pertandingan tersisa.

Mourinho kini mungkin akan memberikan banyak hal untuk mendapatkan penyerang tajam seperti Aritz Aduriz milik Athletic Bilbao, yang menjadi pemain pertama yang membukukan lima gol dalam satu pertandingan Liga Europa, di mana koleksi golnya mencakup tiga penalti saat timnya menang 5-3 atas Racing Genk di Grup F.

Nuansa suram tengah menggelayuti masa kerja Mourinho di Old Trafford, di mana sang manajer sedang menjadi sorotan untuk start buruk timnya dan masalah-masalah disiplin yang membuat dirinya mendapat larangan mendampingi tim untuk satu pertandingan di kancah domestik.

Setelah kemenangan-kemenangan pada dua pertandingan terakhir di grupnya, kompetisi strata kedua Eropa itu telah memberikan sedikit rasa lega terhadap United dari masalah-masalah mereka di liga, namun mereka dihancurkan berkeping-keping oleh Fenerbahce yang mampu mengeksploitasi kelemahan-kelemahan di area pertahanan.

Bagaimanapun, dua gol yang bersarang di gawang mereka, nyaris mustahil dihentikan.

Pertandingan baru dimulai ketika Sow merangsek ke tepi kotak penalti untuk kemudian menyambut umpan silang dengan sepakan voli overhead, bola kemudian melewati kiper United David De Gea dan masuk ke sudut atas gawang.

Fenerbahce menggandakan keunggulan mereka ketika Lens melepaskan tendangan bebas melengkung dan menuju sudut gawang 14 saat babak kedua berlangsung 14 menit, membuat De Gea kembali memungut bola dari gawangnya.

Pertandingan Persahabatan Musim Panas

Situasi dapat menjadi lebih buruk bagi United ketika pemain yang masuk di babak kedua Emmanuel Emenike tiga kali mengancam gawang De Gea untuk memperbesar keunggulan, sebelum Rooney melepaskan tembakan dari jarak 25 meter untuk memperkecil ketertinggalan timnya.

Bagaimanapun, awal penampilan United-lah yang paling membuat kesal Mourinho.

"Masalah-masalah kami bermula pada sikap global kami. Mereka bermain di final Liga Champions, kami memainkan pertandingan persahabatan pada musim panas," ucapnya kepada BT Sport.

United, yang mendapat hantaman cedera ketika pemain termahal di dunia Paul Pogba harus ditarik keluar lapangan pada babak pertama, kini tertinggal satu angka dari pemuncak klasemen grup Feyenoord dan Fenerbahce dengan dua pertandingan tersisa. (Reuters)