Mentawai Siapkan 250 Atlet Ikuti Porprov 2016

id mentawai, porprov

Mentawai, (Antara Sumbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, menyiapkan 250 atlet yang akan diturunkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di Kota Padang pada 19-29 November 2016.

Ketua Umum KONI Mentawai Fernando Sabajao di Tuapejat, Mentawai, Sumbar, Rabu, mengungkapkan, 250 atlet tersebut akan turun di 21 dari 33 cabang olahraga yang dipertandingkan pada ajang tersebut.

"Semua persiapan untuk menghadapi Porprov sudah dilakukan, masing-masing cabang olahraga atletnya sudah menjalani pemusatan latihan," katanya.

Ia menyebutkan, 250 atlet yang akan membela "Bumi Sikerei" pada pesta olahraga dua tahunan itu akan didampingi sebanyak 48 orang pelatih dan 45 oficial tim.

Lebih lanjut, ia mengatakan, cabang olahraga yang diberangkatkan pada Porprov tersebut merupakan cabang olahraga yang kepengurusan aktif.

"Artinya, cabang olahraga tersebut sudah siap dan konsisten menjalankan pembinaan dan latihan bagi atletnya selama ini," katanya.

Terkait dengan cabang olahraga yang belum aktif, Fernando mengatakan, pihaknya akan terus mendorong agar cabang olahraga yang belum ada untuk segera dibentuk kepengurusannya.

"Tentunya ini juga menjadi pekerjaan besar bagi kami, bagaimana cabang olahraga yang belum ada di Mentawai untuk segera dibentuk dan melakukan pembinaan bagi atletnya," katanya.

Menyinggung target medali emas pada Porprov 2016, ia berharap setiap cabang olahraga mampu menyumbangkan medali emas, sekaligus memperbaiki peringkat dan prestasi yang diraih pada Porprov sebelumnya.

"Kami ada beberapa cabang olahraga andalan, seperti tinju, wushu dan karate, namun peluang medali tentu juga ada pada cabang olahraga lain, kami yakin itu," katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kepulauan Mentawai, Syafrizal mengatakan, Porprov 2016 menjadi momentum kebangkitan olahragawan dari Mentawai, mengingat Porprov tahun ini cabang olahraga yang diikuti lebih banyak dibandingkan pelaksanaan sebelumnya.

"Sudah saatnya kontingen Mentawai memperbaiki prestasi dibandingkan Porprov sebelumnya. Prestasi yang diraih juga menjadi wujud keberhasilan pemabngunan masyarakat olahraga yang ada di Mentawai," katanya. (*)