Padang Panjang Selenggarakan FKI Promosi Wisata

id promosi wisata

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), mengadakan Festival Kesenian Indonesia (FKI) sebagai bentuk promosi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"FKI ini akan menarik kunjungan wisatawan ke Padang Panjang, karena akan diikuti oleh sembilan perguruan tinggi seni di Indonesia," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata Padang Panjang, Sri Syahwitri di Padang Panjang, Rabu.

Tidak saja pengunjung, peserta FKI itu sendiri akan berada di Padang Panjang selama kegiatan berlangsung.

"Utusan dari sembilan perguruan tinggi itu akan menginap di Padang Panjang selama kegiatan berlangsung. Meraka berjumlah sekitar 540 orang," ujarnya.

Dari jumlah peserta itu nantinya akan bercerita di tempat tinggalnya masing-masing tentang pariwisata yang ada di Padang Panjang, baik itu budaya, kesenian, kuliner dan lainnya.

Ia berharap FKI yang akan berlangsung pada 8 hingga 10 November 2016 itu bisa terlaksana dengan sukses, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung ke Padang Panjang.

FKI itu sendiri terlaksana berkat kerjasama Pemkot Padang Panjang dengan Institut Seni Indonesia (ISI) setempat dengan sejumlah rangkaian kegiatan.

"Untuk kegiatannya seperti, pameran karya seni rupa unggulan, karya seni pertunjuka unggulan, pemutaran Film unggulan teater arena dan seminar Internsional," terangnya.

Wakil Wali Kota Padang Panjang, Mawardi juga meminta partisipasi masyarakat setempat dalam mempromosikan pariwisata melalui berbagai media untuk meningkatkan kunjungan.

"Peraserta masyarakat sangat dibutuhkan dalam pembangunan pariwisata termasuk mempromosikannya," kata dia.

Promosi merupakan salah satu indikator keberhasilan program kepariwisataan untuk menarik pengunjung baik itu domestik maupun manca negara.

"Tanpa promosi, pariwisata tidak ada artinya, karena kita berbicara menarik pengunjung yang sebanyak-banyaknya," ujarnya.

Anggota DPRD Padang Panjang, Hendra Saputra mengatakan gelaran kegiatan wisata yang menarik dan berkelanjutan menjadi salah satu kunci untuk mendatangkan wisatawan. (*)