Padang Tuan Rumah Konferensi Pembangunan Kota Sehat

id Konferensi Pembangunan Kota Sehat

Padang, (Antara Sumbar) - Kota Padang, Sumatera Barat, menjadi tuan rumah penyelenggaraan Indonesia Healthy City Conference & Expo (IHCC) atau Konferensi dan Pameran Pembangunan Kota Sehat di Indonesia ke-4 yang akan digelar pada 2 hingga 3 November 2016.

"IHCC 2016 kali ini mengangkat tema Integrating Healthy City To Smart City atau Kota Sehat dan Kota Pintar yang Terintegrasi," kata Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Padang Rukayah Anwar, di Padang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan tersebut akan menghadirkan berbagai narasumber yang kompeten di bidangnya serta juga dari unsur pemerintah.

Narasumber tersebut seperti Wali Kota Kuching Utara Datuk Haji Abang Abdul Wahap Bin Haji Abang Julai yang akan membahas tentang Kuching Healthy City Through CBS Plan (CBS Stand for Clean, Beatiful and Safe)".

Sedangkan untuk pembahasan Smart City atau kota pintar akan dibahas oleh pakar telekomunikasi yang juga guru besar ITB Profesor Suhono H. Supangkat yang akan membahas tentang E-health Untuk Kinerja Layanan Kesehatan Yang Lebih Baik.

Tujuan diselenggarakan IHCC tersebut untuk melahirkan gagasan-gagasan baru tentang upaya membangun kota sehat dan kota pintar di Indonesia.

Ia menyebutkan IHCC 2016 akan dikuti 300 peserta dari seluruh Indonesia yang meliputi kepala daerah serta dinas dan institusi terkait.

Selain konferensi, lanjutnya, juga akan diadakan pameran kota sehat sebagai sarana informasi dan penyebarluasan hasil-hasil pembangunan kota sehat.

"Sekaligus sebagai promosi produk-produk kesehatan, jaminan kesehatan, teknologi, dan alat kesehatan," ujarnya.

Ia berharap dengan digelarnya IHCC 2016 tersebut semua kota dan kabupaten menjadi kota sehat dan kota pintar. (*)