Alumni UBH: Jiwa Kepemimpinan Harus Dikembangkan

id UBH

Alumni UBH: Jiwa Kepemimpinan Harus Dikembangkan

Universitas Bung Hatta. (antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Alumni Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat, Ike Agung Mustika Putra, mengatakan jiwa kepemimpinan harus dikembangkan mulai dari calon alumni.

"Mahasiswa yang dianggap sebagai calon alumni yang nantinya akan bergelut didunia kerja setelah lepas dari bangku kuliah, oleh karena ini penanaman jiwa kepemimpinan harus dikembangkan sejak dini sehingga nanti selepas kuliah mereka dapat menentukan sikap kemana akan melangkah," katanya pada acara forum Inspirasi Kepemimpinan di Padang, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya sebagai pengurus alumni menganggap kegiatan ini perlu diadakan sebagai mempersiapkan para calon alumni untuk siap menghadapi dunia kerja.

"Apa pun bidangnya yang terpenting alumni harus dipersiapkan bagaimana gambaran nantinya jika ini bergelut dalam suatu bidang tersebut melalui forum inspirasi kepemimpinan ini," sebutnya.

Ia menjelaskan maka dari itu pihaknya memanggil berbagai alumni yang berpengaruh dibidangnya sebagai pembicara diacara ini.

"Nantinya calon alumni ini akan digiring pemikirannya untuk lebih luas, dengan mendengarkan pengalaman dari pembicara dalam acara ini," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam acara ini pembicara akan menceritakan bagaimana mereka merintis dari mahasiswa sampai pada kedudukannya sekarang yang mempunyai pengaruh luas.

"Forum seperti ini telah diadakan sebanyak empat kali, yang diawali dari 2012 dengan berbagai tema, untuk kali ini kami menghadirkan Armen Amir sebagai Dirut Pelindo, Isriyetti Ifwan Direktur PT. Rifan Fanancindo Berjangka, dan Reinier sebagai Walikota Solok," ujarnya.

Ia mengharapkan nantinya para alumni ini dapat menjadi pemimpin dimasa depan, baik sebagai pemimpin regional maupun dinasional.

Dalam ini yang dilibatkan memang khusus dikalangan mahasiswa aktif dan juga alumni dari UBH yang baru menyelesaikan kuliahnya, semua berjumlah 200 orang.

Sementara itu, Dirut PT. Indonesaia Kenderaan Terminal (Pelindo), Armen Amir mengatakan dalam meninti karier ada empat bagian pengalaman yakni pengalaman saat ini, kuliah, setelah kuliah, dan saat didunia kerja.

"Di setiap bagian pengalaman tersebut pasti mempunyai fase yang berbeda-beda, namun yang lebih berat yakni pas berada didunia kerja," ujarnya.

Ia mengatakan selepas kuliah memang tantangan lebih keras dan persaingannya berat, karena pengalaman kerja masih minim dengan usia muda seperti ini. (*)