Rais Yatim: Banggalah Menggunakan Bahasa Minang

id Tan Sri Rais Yatim

Rais Yatim: Banggalah Menggunakan Bahasa Minang

Penasehat Sosio-Budaya Kerajaan Malaysia Tan Sri Rais Yatim. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Penasehat Sosio-Budaya Kerajaan Malaysia Tan Sri Rais Yatim mengatakan masyarakat Minangkabau seharusnya bangga menggunakan bahasa Minang dalam sehari-sehari, karena bahasa merupakan salah satu identitas yang harus dijaga kelestariannya.

"Sebagai masyarakat Minang biasakanlah kembali untuk menggunakan bahasa Minang dalam kehidupan sehari-hari, kalau bukan masyarakatnya siapa lagi yang akan melestarikan," katanya di Padang, Rabu.

Menurutnya masyarakat Minang saat ini sudah mulai jarang menggunakan bahasa Minang untuk berkomunikasi antarasesama, sementara bahasa Minang merupakan bahasa yang merupakan salah satu kearifan lokal yang harus dijaga.

"Jika dalam forum nasional silakan menggunakan bahasa Indonesia, tapi jika dalam forum lokal banggalah menggunakan bahasa Minang," katanya.

Ia menambahkan saat ini masyarakat dinilai perlu untuk kembali mempelajari dan memahami nilai-nilai sejarah dan budaya tradisional Minangkabau.

"Tidak hanya sekedar memahami, selanjutnya juga harus bisa mengembalikan semangat budaya agar 'pusako lamo' tidak hilang," ucapnya.

Selain itu ia mengatakan bahwa masyarakat Minang haruslah bisa menyeimbangkan antara ilmu yang diperoleh di luar dengan budaya lokal yang ada.

Ia menyebutkan jangan hanya membawa budaya asing ke dalam negeri, akan tetapi perkenalkanlah kebudayaan Minangkabau di luar sana.

Senada, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga mengatakan bahwa masyarakat Sumbar seharusnya peduli dan bangga dengan kebudayaan sendiri seperti dalam penggunaan bahasa.

"Sebagai masyarakat Minang, banggalah menggunakan bahasa Minang, karena ini merupakan salah satu wujud dari kepedulian terhadap kebudayaan sendiri," katanya. (*)