KPU Tetapkan Nomor Urut Peserta Pilkada Payakumbuh

id Pilkada Payakumbuh

KPU Tetapkan Nomor Urut Peserta Pilkada Payakumbuh

KPU Payakumbuh menetapkan nomor urut peserta Pilkada pada Selasa (25/10) malam. Pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi mendapat nomor urut 1, Riza Falepi-Erwin Yunaz nomor urut 2, dan Swandel Muchtar-Fitrial Bachri nomor urut 3. (Antara Sumbar/Mardikola Tri Rahmad)

Payakumbuh, (Antara Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, menetapkan nomor urut ketiga peserta pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah setempat, Selasa (25/10) malam.

Pasangan Wendra Yunaldi-Ennaidi mendapat nomor urut 1, Riza Falepi-Erwin Yunaz nomor urut 2, dan Swandel Muchtar-Fitrial Bachri nomor urut 3, kata Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Manbayu saat rapat pleno di GOR M. Yamin Kubu Gadang.

Pengundian nomor urut peserta pilkada itu disaksikan masing-masing pendukung dengan mengenakan berbagai atribut.

Hetta Manbayu meminta setiap kontestan pilkada menyosialisasikan nomor urutnya masing-masing kepada masyarakat sehingga calon pemilih mengetahuinya.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2016, kata Hetta, nomor urut peserta akan dicantumkan pada surat suara, alat peraga kampanye, dan dipasang di tempat pemungutan suara (TPS).

Ia meminta pasangan calon tidak menghubungkan nomor urut dengan hal-hal aneh serta makna di luar logika.

Menyinggung masa kampanye, dia mengatakan bahwa kegiatan tersebut mulai 28 Oktober 2016 sampai dengan 11 Februari 2017.

Sementara itu, Calon Wali Kota Wendra Yunaldi bersyukur dan mengaku beruntung mendapatkan nomor urut 1. Angka tersebut sama dengan program yang diusungnya, satu satu miliar per kelurahan.

"Sesuai dengan harapan. Sesuai dengan program unggulan satu miliar satu kelurahan," katanya.

Sementara itu, calon petahana (wali kota) Riza Falepi memaknai angka dua dengan harapan dua periode memimpin daerah itu.

Calon petahana (wakil wali kota) Swandel Muchtar memaknai angka tiga dengan simbol kepemimpinan orang Minangkabau, yakni alim ulama (pemuka agama) ninik mamak (pemimpin suku atau adat) dan cerdik pandai atau cendikiawan.

Sebelumnya, pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Payakumbuh 2012, Riza Falepi berpasangan dengan Swandel Muchtar yang diusung oleh PKS Dan PDI Perjuangan. Akan tetapi, kali ini keduanya tidak lagi maju dalam satu paket. (*)