Padangpariaman Targetkan Peringkat Dua Pada Porprov Sumbar

id Porprov

Padangpariaman, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, menargetkan peringkat dua pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XIV yang diselenggarakan 19 hingga 29 November 2016 di Kota Padang.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (Koni) Kabupaten Padangpariaman, Aprinaldi, di Padangpariaman, Minggu, mengatakan target tersebut diberikan untuk memacu prestasi olahraga daerah itu setiap tahunnya.

"Pada Pekan Olahraga Provinsi 2012 Kabupaten Padangpariaman meraih posisi empat, sedangkan pada 2014 yang diadakan di Kabupaten Dharmasraya prestasi kita naik menjadi urutan ketiga se-Sumbar," kata dia, saat memantau kesiapan atlet Taekwondo.

Untuk mencapai hasil dan target tersebut pihaknya telah mengadakan sejumlah penjaringan atlet berbakat. Selain itu peran para pelatih masing-masing cabang juga dilibatkan secara penuh.

"Koni bekerja secara instansi kepemerintahan, untuk masalah teknis dan kemampuan tentunya para pelatih yang lebih memahami sehingga mereka sangat dilibatkan," ujarnya.

Selain mengadakan penjaringan para atlet berbakat, Koni juga melakukan pembinaan dan menganggarkan dana melalui hibah yang diturunkan kepada pihaknya.

"Dalam bulan ini pemerintah setempat akan mengadakan pemusatan latihan secara penuh dengan menggunakan dana hibah tersebut," jelasnya.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kabupaten Padangpariaman, Zahirman, mengatakan untuk mencapai target tersebut pemerintah setempat telah melakukan upaya penjaringan atlet dalam dua bulan terakhir.

"Porpov yang ke XIV persaingan akan lebih ketat, oleh sebab itu langkah Training Center berjalan terus dilaksanakan," ujarnya.

Selain mengadakan latihan secara berkala, para atlet Kabupaten Padangpariaman juga diberikan pemantapan kebugaran fisik sehingga mampu secara maksimal saat bertanding.

Sementara itu Kepala Pelatih cabang olahraga taekwondo, Herman Koto, mengatakan khusus cabang tersebut pihaknya telah mempersiapkan 19 atlet yang akan bertanding di Porpov Sumbar.

Para atlet yang dikirim tersebut sebelumnya harus melalui sejumlah rangkaian seleksi secara ketat dengan berbagai kelas yang dibutuhkan.

Ia mengaku pemilihan atlet dilakukan berdasarkan hasil kejuaraan yang sebelumnya seperti meraih medali pada beberapa kejuaraan di Sumbar. (*)