DKI Upayakan Percepatan Penanggulangan AIDS

id AIDS

Jakarta, (Antara Sumbar) - Dinas Sosial DKI Jakarta melakukan pertemuan dengan Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi dalam upaya percepatan penanggulangan penderita AIDS yang ada di DKI.

Hal tersebut dilakukan merespon tingginya Orang Dengan HIV-AIDS di DKI Jakarta, kata Sekretaris KPAP Rohana Manggala di Jakarta, Minggu.

Dikatakan, Gubernur DKI Jakarta meminta untuk segera menindaklanjuti percepatan penanggulangan AIDS serta mengharapkan adanya penampungan atau semacam panti untuk ODHA.

"KPAP sudah melakukan pelatihan-pelatihan kepada petugas panti. Gubernur siap mendanai dan memfasilitasinya. Karena dalam usaha penanganan ODHA, perlu dari sisi sosialnya," ujar Rohana.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan menuturkan penyediaan tempat penampungan atau panti khusus ODHA bukan ranah Dinsos.

Namun, pihaknya siap membantu dalam peningkatan sumber daya manusia yang ada di panti sosial.

"Sebenarnya kami punya Panti Sosial Pamardi Putra Husnul Khotimah untuk penderita narkoba. Itu pun cuma satu panti untuk penanganan narkoba.Tapi ada rencana mau ditarik untuk Kemensos," kata Masrokhan.

Untuk itu, pihaknya mengajak KPAP untuk memberikan solusi tingginya angka ODHA di Jakarta, misalnya mengadakan pelatihan bersama para petugas panti sehingga jika terdapat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang ODHA, petugas panti bisa melakukan penanganan yang lebih baik.

Dinsos dan Suku Dinas Sosial lima wilayah setiap hari melakukan penjangkauan terhadap PMKS jalanan untuk dibawa ke panti dan kemungkinan salah satu dari PMKS itu merupakan ODHA.

Selain itu, pihaknya mengusulkan kerjasama dengan Kemensos yang memiliki Panti ODHA di Sukabumi. Pihaknya siap memfasiltasi KPAP untuk kerja sama dengan Kemensos.

"Pertumbuhan ODHA yang tinggi perlu kerja sama dalam penelitian tempat-tempat penyebaran AIDS. Seperti hotel-hotel atau tempat hiburan dan lainnya. Perlu didorong untuk melakukan tindakan preventif juga," kata Masrokhan. (*)