Polresta Kerahkan 600 Personel Amankan Unjuk Rasa

id Polresta

Padang, (Antara Sumbar) - Kepolisian Resor Kota Padang mengerahkan 600 personel dalam pengamanan unjuk rasa damai Forum Masyarakat Minangkabau terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama.

" Kegiatan pengamanan ini dilaksanakan dengan tanggung jawab karena merupakan implementasi Undang undang nomor 9 tahun 2008 tentang kemerdekaan dalam menyampaikan pendapat," kata Kapolresta Padabg Kombes Chairul Aziz di Padang.

Ia mengatakan personel gabungan tersebut berasal dari Personil Polresta Padang dan jajaran Polsek sebanyak 349 orang. Sedangkan Personel dari Polda Sumbar sebanyak 137 orang

"Kita dalam pengaman ini juga dibantu dari Personel Satuan Brimobda Polda Sumbar sebanyak 80 orang personil," kata dia.

Menurutnya dalam melakukan pengamanan unjuk rasa pihak kepolisian harus bisa melakukan pengamanan seoptimal mungkin. Berikan pengamanan sesuai dengan SOP yang telah ditentukan.

"Dalam pengamanan unjuk rasa anggita kepolisian dilarang untuk membawa senjata api,"sebut dia.

Sementara Kapolda Sumatera Barat Brigjen Basarudin menghimbau kepada masyarakat yang menyuarakan aspirasi mereka bisa melakukan dengan tertib aman dan damai.

"Beberapa waktu lalu kita sudah bertemu dengan mereka agar dalam pelaksanaan demo nanti tidak mengeluarkan kekuatan massa penuh," jelas dia.

Bahkan lanjutnya, unjuk rasa yang digawangi MUI Sumbar dengan 48 Ormas yang ada bisa berlangsung kondusif.

"Kita tetap lakukan pengamanan mengawal mereka dalam menyampaikan aspirasi mereka," jelas dia. (*)