Pemprov Sumbar Dukung Pengembangan Catur di Kampus

id catur

Pemprov Sumbar Dukung Pengembangan Catur di Kampus

Catur.

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mendukung upaya mahasiswa mengembangkan olahraga catur melalui kejuaraan atau lomba yang diselenggarakan di kampus.

"Kami mendukung dan mengapresiasi kampus yang konsisten membina olahraga seperti kejuaraan catur mahasiswa nasional yang digelar Universitas Andalas ini," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Priadi Syukur usai membuka acara lomba catur mahasiswa nasional Unit Kegiatan Olahraga (UKO) Unand, di Padang, Kamis.

Menurut Priadi, potensi atlet catur hebat lahir dari kampus cukup besar sebab sejalan dengan tipe dari olahraganya.

"Mahasiswa rutin berpikir dalam kuliah dan catur merupakan olahraga pikir, gabungan keduanya akan memunculkan kualitas yang luar biasa," katanya.

Selain kesamaan tersebut, alasan mengembangkan catur dari kampus agar memudahkan dalam pencarian atlet berbakat.

Sebagai contoh melalui kejuaraan catur nasional Unand ini banyak pecatur nasional dan daerah yang merupakan mahasiswa ikut serta menjadikan bagian dari latihan dan uji kekuatannya.

"Mengingat khusus Sumbar jarang sekali adanya lomba atau kejuaraan catur," ujarnya.

Untuk itu dia berharap pimpinan kampus yang ada di Sumbar dapat mendukung sekaligus menginisiasi kejuaraan catur mahasiswa lainnya.

Hal ini perlu katanya, mengingat saat ini keperluan atlet catur Sumbar yang bisa berkiprah di nasional cukup mendesak.

Sebagai gambaran saat ini Sumbar hanya memiliki satu pecatur yang bisa bersaing di nasional seperti ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) lalu yakni Ruby Tamono.

"Diharapkan dari ajang seperti di Unand dan kampus lainnya dapat melahirkan Ruby lain dan rekannya membela Sumbar bahkan negara," katanya.

Senada itu Ketua Bidang Pembinaan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumbar Khaidir Arief mengatakan turnamen catur yang digelar oleh kampus seperti Unand ini diharapkan menjadi motivator munculnya turnamen catur lain di Sumbar.

Menurutnya turnamen ini menjadi kesempatan atlet catur muda di Sumbar mengasah kemampuan menghadapi pecatur muda nasional lainnya.

Untuk itu baik pemerintah dan masyarakat khususnya di kampus juga bersama mengembangkan olahraga yang memberikan nilai positif bagi diri sendiri tersebut.

"Sesuai misi kampus mencerdaskan, catur juga memiliki efek positif yakni melatih kesabaran, ketelitian, penempatan strategi, dan kepercayaan diri," katanya. (*)