Jalur Alternatif Bypass Menuju Unand Macet Parah

id macet

Jalur Alternatif Bypass Menuju Unand Macet Parah

Ilustrasi - (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Padang, (Antara Sumbar) - Jalur alternatif yang menghubungkan Durian Tarung menuju Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), ke arah Kampus Universitas Andalas (Unand) macet parah akibat pengerjaan jembatan sehingga pengendara tertahan laju kendaraannya.

"Saya hendak menuju kampus Unand dari Bypass, sudah tertahan hampir 1,5 jam," kata salah seorang pengendara, Rahmat Deni di Padang, Senin.

Menurut dia sejak dari kawasan Bypass tepatnya di simpang Durian Tarung petugas mengarahkan laju kendaraan dari arah Belimbing menuju Durian Tarung.

"Akibatnya karena jalan kecil kemacetan tidak terelakan," kata dia.

Ia mengaku tertahan sejak pukul 15.30 WIB dan kondisi ini diperparah oleh banyak kendaraan parkir memakai bahu jalan.

Selain itu berdasarkan pantauan kemacetan diperparah oleh adanya kendaraan berukuran besar yang melewati jalan tersebut sehingga saat berpapasan dengan kendaraan yang berlawanan arah mengalami kesulitan.

Tidak hanya itu Jalan M Hatta dari arah Andalas menuju Pasar Ambacang juga mengalami kemacetan tepatnya di Simpang Ketaping karena tidak ada lampu pengatur lalu lintas.

Ia berharap pihak berwenang baik polisi atau Dinas Perhubungan menurunkan petugas untuk mengurai kemacetan terutama di sore hari saat warga pulang kerja.

Sebelumnya Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Padang, menyurati pemborong yang melaksanakan pembangunan jalan Bypass terkait banyaknya lampu lalu lintas ( tidak berfungsi di jalur itu.

"Kami menyurati pihak pemborong karena tidak berfungsinya lampu lalu lintas jadi tanggung jawab mereka," kata Kepala Dishubkominfo Kota Padang, Dedi Henidal.

Langkah menyurati pemborong itu diambil setelah sebelumnya dilakukan koordinasi namun tetap tidak ada aksi yang dilakukan.

Menurutnya, sudah banyak masyarakat yang mengeluh dan tidak berfungsinya lampu lalu lintas itu berbahaya bagi keselamatan pengendara baik kendaraan roda dua maupun empat.

"Lampu itu tidak berfungsi karena pengerjaan jalan Bypass, walaupun belum selesai, namun lampu lalu lintas harus tetap dipertimbangkan," katanya. (*)