10 Hektare Hutan Pinus Agam Terbakar

id kebakaran hutan

Lubuk Basung, (Antara Sumbar) - Seluas 10 hektare hutan pinus di Mancuang, Nagari Padang Tarok, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, terbakar sejak Minggu (9/10).

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Agam, Yulnasri di Lubuk Basung, Selasa, mengatakan pihaknya telah menurunkan tim untuk memadamkan api sebanyak 48 orang sejak Minggu sore.

Tim ini berasal dari Polisi Kehutanan Agam sebanyak 17 orang, petugas pengamanan hutan berbasis nagari sebanyak dua orang, anggota Polsek Baso sebanyak lima orang, Satpol PP Agam sebanyak empat orang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam sebanyak 15 orang dan BPBD Bukittinggi sebanyak lima orang.

Tim ini memadamkan api dengan mengunakan alat manual akibat lokasi tidak bisa dilalui kendaraan roda dua.

Namun, tim berusaha untuk membuat batas agar api tidak menjalar ke lokasi lain.

"Kami berupaya semaksimal mungkin agar api tersebut bisa dipadamkan dalam waktu dekat," katanya.

Terkait penyebab kebakaran, saat ini pihaknya belum mengetahui penyebab dan kemungkinan akibat putung rokok warga saat berada di daerah itu.

Dengan kondisi daun kering, api dengan cepat membesar dan menjalar ke lokasi lain.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada warga agar tidak membuang putung rokok dan membakar di sekitar hutan.

Dengan cara ini, maka hutan tidak akan terbakar saat cuaca panas.

Kepala BPBD Agam, Bambang Warsito menambahkan, lokasi kebakaran terdapat daun pinus yang kering sehingga tim kesulitan untuk memadamkan api.

"Selain memiliki daun yang kering, lokasi kebakaran tidak bisa dilewati kendaraan roda empat akibat berada di daerah perbukitan. Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran ini karena lokasi kebakaran tidak ada pemungkiman warga," katanya. (*)