Rabu, 24 Mei 2017 - 28 Sya'ban 1438 H

Petugas Kembali Temukan Sebaran Titik Api Baru di Sawahlunto

Sawahlunto, (Antara Sumbar) - Petugas gabungan penanganan kebakaran hutan di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, kembali menemukan sebaran titik api di kawasan perbukitan Puncak Pari, Kecamatan Barangin, Selasa.

"Titik api terdeteksi sekitar pukul 11.00 WIB karena adanya kepulan asap yang bersumber dari lokasi hutan yang terbakar, saat ini petugas dari jajaran kepolisian resor (Polres) setempat yang dipimpin Kapolres Sawahlunto, AKBP Riyadi Nugroho, sedang berupaya melakukan pemadaman secara manual," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat, Asrirefelta, di Sawahlunto.

Menurutnya, keberadaan titik api kali ini tidak terlalu jauh dari akses jalan namun upaya pemadaman tidak bisa menggunakan unit mobil damkar karena jalan yang berliku dan sempit.

Dari informasi sementara petugas dilapangan, lanjutnya, pemadaman dilakukan untuk mencegah merambatnya kobaran api menuju lima lokasi tower telekomunikasi seluler yang berdekatan dan jaraknya tidak terlalu jauh dengan lokasi kebakaran.

Terkait penanganan kebakaran hutan di kawasan "Rimbo Sati" pada Senin(10/10), ia menjelaskan potensi rambatan api hingga permukiman penduduk dapat dicegah dan sebagian besar titik api sudah padam.

"Kami mendeteksi masih ada satu titik api di kawasan itu yang keberadaannya cukup jauh dari permukiman, namun sepanjang hari ini angin bertiup cukup kencang dan dikhawatirkan api akan kembali membesar dan merambat ke kawasan hutan di sekitarnya," kata dia.

Berdasarkan kesimpulan sementara pihaknya, dari beberapa peristiwa kebakaran hutan yang ditangani belakangan ini diketahui kemunculan titik api terjadi secara sporadis.

Dugaan sementara, lanjutnya, titik api tersebut terpicu oleh teriknya musim kemarau hingga membakar daun-daun kering yang berserakan.

"Kami belum menemukan adanya indikasi kesengajaan oleh pihak manapun dan pengamatan terus dilakukan untuk menunjang upaya pencegahan meluasnya kebakaran hutan dan pemadaman titik api jika situasi dan kondisi cukup memungkinkan," imbuhnya.

Sebelumnya, Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar), kembali mendeteksi munculnya sebaran titik api baru di kawasan hutan kota itu, Senin(10/10).

"Titik api mulai terlihat sejak siang tadi dan hingga saat ini petugas damkar terus melakukan pengamatan agar kemungkinan meluasnya kobaran api hingga mendekati permukiman warga bisa dicegah sejak dini, upaya tersebut merupakan langkah satu-satunya yang bisa dilakukan petugas karena beratnya medan yang harus ditempuh menuju lokasi areal hutan yang terbakar," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar setempat, Asrirefelta di Sawahlunto. (*)


Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Miko Elfisha
    Pagi itu seharusnya Suril Dirman (59) bahagia karena bawang merah yang telah dipeliharanya dengan teliti selama dua ...
Baca Juga