Unand Miliki 27.780 Mahasiswa Aktif

id Unand

Unand Miliki 27.780 Mahasiswa Aktif

Logo Unand Padang (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memiliki jumlah 27.780 orang mahasiswa aktif yang tercatat hingga periode September 2016.

"Jumlah tersebut terdiri atas lima jenjang pendidikan yakni Diploma, Sarjana, Magister, Spesialis dan Doktor," kata Wakil Rektor bidang Akademik Prof Dachriyanus, di Padang, Sabtu.

Dia menyebutkan untuk mahasiswa aktif yang mengambil jenjang Diploma III Ekonomi sebanyak 916 orang termasuk ke dalamnya mahasiswa baru pada tahun ini.

Kemudian jenjang sarjana atau strata satu memiliki jumlah 24.065 orang mahasiswa termasuk 5.000 orang lebih mahasiswa baru yang masuk tahun ini.

Sedangkan program Magister dan Doktor masing-masing saat ini terdiri atas 2.099 orang mahasiswa dan 344 orang mahasiswa.

"Khusus spesialis-1 yang ada di Fakultas Kedokteran saat ini berjumlah 344 orang," tambahnya.

Menurutnya sebagian besar mahasiswa masih aktif mengikuti perkuliahan dan sebagian kecil yang sedang melaksanakan tugas akhir dan menunggu akan ujian.

Bila dibandingkan dari tahun sebelumnya pada periode yang sama jumlah ini mengalami peningkatan yang signifikan.

Pada tiga tahun ke belakang 2013, 2014, 2015 mahasiswa Unand per September masing-masing berjumlah 24.860 orang, 26.269 orang, dan 25.869.

"Secara jumlah memasukkan mahasiswa tidak berbeda jauh setiap tahunnya, yang berbeda pada jumlah kelulusan yang terus meningkat pada periode wisudanya," ujarnya.

Menurutnya dengan sistem kepemimpinan baru berjalan satu tahun ini diharapkan mahasiswa tersebut dapat menjadi tolok ukur kampus meraih prestasi lebih tinggi.

"Diharapkan mahasiswa ini memiliki kemampuan daya saing di atas rata-rata, jauh lebih baik dari periode sebelumnya," katanya.

Sementara itu salah satu mahasiswa Unand, Vera berharap jumlah mahasiswa strata satu yang ada saat ini bisa berkontribusi dalam kemajuan kampus.

Baik itu kemajuan secara infrastruktur dan juga prestasi, sebab dengan sumber daya yang banyak tentu akan memudahkan hal tersebut. (*)