Jambore PAUD di Padang Tingkatkan Kreativitas Anak

id jambore, paud, padang

Padang, (Antara Sumbar) - Dinas Pendidikan Kota Padang, Sumatera Barat menyatakan Jambore Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dapat meningkatkan kreativitas anak.

"Dalam jambore ini diadakan berbagai lomba, sehingga dengan adanya lomba tersebut anak-anak dapat meningkatkan kreativitasnya, sesuai dengan yang telah dipelajarinya di lembaganya," kata Kabid Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Disdik Padang, Nurhayati di Padang, Kamis.

Ia menambahkan kegiatan Jambore PAUD digelar dari 6 hingga 7 Oktober 2016 yang bertempat di Disdik Padang yang secara resmi dibuka oleh bunda PAUD Kota Padang Harneli Mahyeldi.

Acara Jambore PAUD yang dilaksanakan oleh Disdik Padang merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya dengan menggelar berbagai macam lomba.

"Lomba dalam jambore ini terdapat sepuluh cabang, diantaranya enam cabang untuk kelompok bermain dan TK, empat cabang untuk tenaga pendidik," kata dia.

Dia menyebutkan lomba untuk anak kelompok bermain dan TK diantaranya lomba mewarnai, menyusun puzzle 12 keping, kolase menggunakan bahan alam dengan membentuk suatu gambar, senam ceria, dan menyanyi lagu anak-anak.

Sedangkan untuk kelompok tenaga pendidik diantaranya lomba bercerita, lomba membuat alat pembelajaran, lomba karya nyata, dan lomba membuat alat permainan edukatif.

"Peserta kegiatan ini diikuti oleh 11 kecamatan yang ada di Kota Padang dimana masing-masing kecamatan mengirim para peserta yang telah diseleksi pada tingkat kecamatan," ujar dia.

Kata dia, para peserta yang menjadi pemuncak dalam kegitan tersebut nantinya akan ikut dalam perlombaan tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan Oktober.

"Anak yang menjadi pemuncak akan dilombakan pada tingkat provinsi, setelah dilakukan pembinaan nantinya," tambahnya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat selalu diadakan setiap tahunnya agar kreativitas anak muncul dan meningkat, sehingga dengan itu anak akan menjadi seseorang yang cerdas dan berprestasi.

Senada dengan itu salah seorang guru TK di Kota Padang Eni berharap kegiatan jambore dapat berlangsung setiap tahunnya, agar bisa menumbuhkan semangat anak-anak dalam berkreativitas.

"Semoga dengan ini bisa memancing semangat anak yang tidak ikut dalam kegiatan ini untuk bisa ikut pula ditahun berikutnya," ujarnya. (*)