Padang Targetkan Akreditasi 120 Paud Selama 2016

id Sekolah Paud

Padang Targetkan Akreditasi 120 Paud Selama 2016

Ilustrasi, Sekolah Paud. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menargetkan mengakreditasi sebanyak 120 lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada 2016.

"Saat ini terdapat 515 lembaga PAUD di Kota Padang, dan baru 80 lembaga yang terakreditasi," kata Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI) Nurhayati, di Padang, Kamis.

Ia mengatakan untuk mencapai target itu pihaknya terus mendorong agar lembaga PAUD yang ada segera mengurus persyaratan akreditasi sehingga pada akhir tahun bisa tercapai.

Lembaga PAUD di bawah bidang PAUDNI terdiri dari empat layanan yaitu Taman Kanak-kanak (TK) untuk anak usia 5 hingga 7 tahun, Kelompok Bermain (KB) untuk anak 3 sampai 5 tahun.

Kemudian lanjut dia, ada Tempat Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) yang merupakan tempat untuk anak-anak di segala usia yang dibina oleh bunda PAUD kecamatan dan kelurahan, dimana SPS berfungsi untuk menampung anak-anak yang tidak mempunyai biaya.

Agar lolos akreditasi lembaga PAUD terus mendorong untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kualitas pendidikannya.

Ia menyampaikan syarat akreditasi lembaga PAUD adalah terpenuhinya standar PAUD sesuai standar nasional, di antaranya standar kompetensi lulusan, tenaga pendidik, sarana dan prasarana, pengelolaan dan sebagainya.

"Kelayakan suatu lembaga dapat dinilai apabila seluruh pengelolaannya sudah berjalan secara maksimal, misalnya pengelolaan administrasi, pembelajaran yang sesuai dengan standar nasional," jelasnya.

Ia mengharapkan pada 2019 seluruh lembaga PAUD yang ada di Kota Padang sudah terakreditasi, sehingga keberadaan lembaga ini diakui dan sesuai syarat penyelenggaraan pendidikan. (*)