Usaha Mitra Binaan Berjalan Sukses, PLN Bangga

id kemitraan#PLN

Usaha Mitra Binaan Berjalan Sukses, PLN Bangga

PLN terus pantau bantuan modal kemitraan ke warga yang menerimanya. (cc)

Padang (Antara) PT PLN (Persero) Wilayah Sumatera Barat terus mewujudkan komitmen untuk peduli dan bertanggung jawab kepada lingkungan sekitar melalui berbagai bantuan program kemitraan berupa pinjaman kepada mitra binaan dan Program Bina Lingkungan digulirkan guna menggerakkan laju perekonomian masyarakat sekitar.

Bantuan yang disalurkan, bukan hanya sekadar diberikan saja, namun akan tetap dipantau oleh PLN dan bila berjalan dengan sukses tentu membuat bangga, General Manager PLN WSB, Supriyadi baru-baru ini di Padang.

Salah satunya terlihat saat PLN memantau mitra binaan bernama Bintang Laut yang dikelola oleh Suhendi, warga Kecamatan IV Jurai Painan Selatan. Suhendi yang sehari-hari memiliki usaha olahan ikan ini mendapatkan bantuan modal usaha dari PLN sebesar Rp20 juta pada 2013 lalu.

Modal yang telah diberikan ternyata mampu membawa usaha Suhendi mencapai sukses, terbukti saat ini telah memperluas lingkup bisnisnya dengan membuka usaha penyewaan transportasi speedboat yang melayani rute Painan - Pulau Carocok.

Bantuan yang diberikan PLN WSB kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) nyatanya berhasil membawa perubahan bagi pengembangan usaha binaan tersebut.

"Kami sangat bangga dan berbahagia sekali mengetahui dana bantuan pinjaman yang PLN berikan kepada Bapak Suhendi mampu meningkatkan usaha beliau. Dengan banyaknya speedboat yang beliau kelola saat ini menjadi bukti penting bahwa usahanya menjadi mandiri dan berkembang pesat," ucap Supriyadi.

Berharap program Mitra Binaan PLN WSB juga dapat menyerap banyak tenaga kerja sehingga dapat menggerakan laju perekonomian daerah.

Suhendi menghaturkan rasa terima kasihnya atas bantuan pinjaman yang telah diberikan PLN, karena sudah dapat menggerakan usahanya.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang telah diberikan oleh PLN. Tidak sekali PLN membantu kami, ini sudah kali kedua. Saya bersyukur atas kepercayaan yang diberikan kepada kami," ujarnya.

Bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha ini, terbukti dari yang awalnya hanya usaha olahan dan jualan ikan basah, sekarang sudah meningkat menjadi usaha sewa menyewa alat transportasi kendaraan antar pulau kecil, tambah Suhendi dengan nada penuh semangat.

Program kemitraan terus digulirkan PLN guna memfasilitasi masyarakat yang ingin mengembangkan bisnis tetapi memiliki kemampuan dana yang pas-pasan. Semoga kedepannya semakin banyak mitra binaan PLN yang sukses mengembangkan usaha sehingga dapat menjadi pengusaha sukses yang mandiri dan bermanfaat. (*)