441 Jamaah Haji Riau Tiba di Pekanbaru

id haji, riau, debarkasi

441 Jamaah Haji Riau Tiba di Pekanbaru

Sejumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Tegal memasuki Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/8). Sebanyak 347 calon haji kloter pertama asal Kabupaten Tegal tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, yang selanjutnya dikarantina untuk pembekalan bimbingan ibadah haji dan direncanakan berangkat ke tanah suci Mekkah pada Selasa (9/8). ( ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho/pd.)

Pekanbaru, (Antara Sumbar) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau menjelaskan, sebanyak 441 orang jamaah haji tergabung Kloter 2 Debarkasi Batam, Provinsi Kepulauan Riau telah tiba di Kota Pekanbaru.

"Alhambulillah, 441 jamaah haji berasal dari ibu kota Provinsi Riau yakni Pekanbaru kembali dalam keadaan selamat," papar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Riau, Muhammad Azis di Pekanbaru, Senin.

Dia menjelaskan, empat ratus lebih jamaah haji itu terdiri dari terdiri dari 443 orang jemaah, lalu lima orang petugas kloter dan tiga orang tim petugas haji tiba di Tanah Air melalui Bandara Internasional Hang Nadim, Batam pada Ahad (18/9) sekitar pukul 20.00 Wib.

Semua jemaah haji Riau, menginap satu malam di Asrama Haji Batam. Bagi mereka yang terganggu akibat menempuh perjalanan cukup jauh melalui udara dengan tumpangi pesawat Saudia Arabian Airlines, bisa melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik setempat.

Baru pukul 7.55 Wib pagi tadi, 214 orang jemaah dari total 441 orang jamaah haji diterbangkan dengan maskapai Lion Air dari Batam menuju Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

"Kita gunakan tiga kali penerbangan yakni keberangkatan pertama dilakukan tepat pukul 07.55 Wib sebanyak 214 orang, lalu pukul 10.55 Wib 215 orang dan terakhir pukul 14.25 Wib sisa 12 orang jamaah haji," katanya.

Azis mengatakan, selanjutnya secara bertahap para jamaah haji Riau mulai berdatangan sesuai dengan kelompok terbang hingga Kloter 9 dan Kloter 20 Debarkasi Batam.

"Nanti, jemaah haji akan diinapkan dahulu satu malam di Batam. Begitu juga dengan kloter 3 juga jemaah haji asal Pekanbaru dan menyusul dari kabupaten/kota di Riau," terangnya.

Begitu tiba di Kota Pekanbaru, lanjut dia, 214 orang jemaah haji penerbangan pertama akan disambut di Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru di Jalan Rambutan.

Ratusan jamaah haji asal Provinsi Riau tiba di Kota Pekanbaru sekitar pukul 09.30 Wib.

Begitu iring-iringan bus tiba, sanak saudara para jamaah haji pun yang sebelumnya membanjiri halaman kantor tersebut dengan langsung menghamburan mendekati mobil.

Meski telah diberi pembatas berupa tali, ternyata mereka tetap melangkahi untuk bertemu langsung dengan jamaah haji.

Isak tangis pun pecah mewarnai kedatangan para jamaah dengan anggota keluarga terlihat saling berpelukan, setelah jamaah haji turun dari dalam bus.

Seperti diketahui total jemaah haji Kloter 2 Debarkasi Batam melaksanakan ibadah haji sebanyak 442 orang. Tapi satu diantaranya meninggal dunia yaitu Wahono (65) di Rumah Sakit King Faisal, Mekkah. (*)