Anggota DPRD Dukung Pembangunan Wisata Tambang Sawahlunto

id Endarmy

Anggota DPRD Dukung Pembangunan Wisata Tambang Sawahlunto

Endarmy (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Endarmy mendukung Pemerintah Kota Sawahlunto membangun bekas lokasi tambang batubara yang banyak terdapat di wilayah itu menjadi kawasan wisata.

"Sekarang sudah ada beberapa bekas tambang yang dijadikan tempat wisata dan dikunjungi banyak orang," kata Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Nasional Demokrat di Padang, Senin.

Lokasi bekas tambang tersebut, kata dia, jika tidak dibenahi akan merusak keindahan Kota Sawahlunto. Sementara jika dijadikan sebagai suatu tempat yang bermanfaat akan menambah daya tarik wisatawan untuk datang.

Ia mencontohkan bekas tambang bawah tanah batubara di Sawahlunto, setiap hari banyak dikunjungi orang, atau Danau Biru yang juga berasal dari bekas tambang.

"Namun harus dikelola dengan baik, agar pemasukan daerah bertambah apalagi Kota Sawahlunto dikenal sebagai wisata Kota Tua," ujarnya.

Endarmy menyebutkan dalam pembenahan wisata, pemerintah setempat perlu menyediakan tong sampah yang cukup karena pengunjung yang banyak akan berdampak pada banyaknya sampah, tempat parkir dan hal-hal yang dirasa perlu untuk mendukung tempat wisata.

Ia juga menyinggung mengenai perizinan tambang baru, perlu dipertimbangkan kembali karena banyak dari tambang baru tersebut yang merusak lingkungan, merusak jalan sekitar tambang karena mobil truk yang membawa hasil tambang keluar masuk.

Untuk pendapatan asli daerah ia lebih menyarankan pemerintah setempat fokus menggalakkan pariwisata ketimbang sektor tambang.

Tambang menimbulkan banyak dampak, bukan saja lingkungan tapi juga rusaknya jalan.

Ia berharap masyarakat sekitar tambang yang merasa dirugikan memberikan informasi kepada pihak DPRD Sumbar agar dapat ditindaklanjuti.

"Kita akan lihat, apakah tambang tersebut sangat perlu atau hanya menguntungkan beberapa pihak saja," kata dia. (*)