RRI Padang Andalkan Teknologi Digital Perluas Jangkauan

id RRI, padang, teknologi, digital

Padang, (Antara Sumbar) - Radio Republik Indonesia (RRI) Padang, Sumatera Barat, mengandalkan teknologi digital untuk memperluas jangkauan kepada masyarakat dalam penyebarluasan informasi dan hiburan.

"Selain memperkuat pemancar, dengan adanya teknologi informasi pendengar dapat menangkap siaran RRI lewat perangkat gawai dan audio streaming," kata Kepala Lembaga Penyiaran Publik RRI Padang, Mirza Musa di Padang, Selasa.

Menurut dia dulu orang mendengarkan siaran melalui perangkat radio transistor sekarang sudah banyak pilihan sehingga menjadi lebih mudah mengaksesnya.

"Sekarang RRI itu ibarat di ujung jari, semua yang pakai gawai bisa mendengarnya," kata dia.

Ia menceritakan tidak jarang ketika siaran, pendengar yang berasal dari luar Sumbar bahkan dari Jakarta hingga Bekasi menelepon karena suka dengan acara yang disiarkan.

"Mereka ini mendengarkan siaran melalui gawai, jadi dimana pun berada selagi ada internet bisa mengaksesnya," kata dia.

Ia mengatakan saat ini RRI Padang punya empat saluran yaitu RRI Programa 1 dengan segmen semua kalangan, RRI Programa 2 menyasar segmen kawula muda, RRI Programa 3 yang merupakan jaringan berita nasional dan RRI Programa 4 khusus siaran kebudayaan.

Sementara untuk daerah terluar RRI Padang bekerja sama dengan radio milik pemerintah daerah setempat untuk merelai siaran berita sehingga warga setempat bisa mendengarkan siaran RRI.

Selain program siaran radio, RRI juga rutin mengadakan kegiatan off air seperti pekan inovasi dan beragam perlombaan untuk lebih memperkenalkan masyarakat terhadap RRI.

"Acara di luar siaran merupakan strategi merangkul publik agar lebih dekat dengan RRI," katanya.

Ia mengajak radio yang ada di Padang berkolaborasi untuk mencerdaskan masyarakat melalui informasi dan hiburan yang mendidik dan mencerahkan.

Sementara salah seorang warga Padang Miko (33) mengakui RRI Padang berperan signifikan sebagai salah satu rujukan ketika ada bencana alam.

"Kalau ada gempa bumi setelah itu pasti warga Padang akan menyetel RRI untuk mencari tahu informasi," kata dia.

Ia berharap RRI terus berinovasi dengan menghadirkan acara-acara yang menarik dan menjadi wahana pemersatu masyarakat lewat programnya. (*)