Pelajar Pariaman Wakili Sumbar pada FLS2N 2016

id FLS2N 2016

Pariaman, (Antara Sumbar) - Seorang pelajar asal Kota Pariaman mewakili Sumatera Barat (Sumbar), pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) yang diadakan di Kota Manado, 28 hingga 3 September 2016.

Wakil Wali kota setempat, Genius Umar di Pariaman, Jumat, mengatakan terpilihnya Zila Anita Andra, murid kelas VI SDN 19, ke tingkat nasional membuktikan indikator pendidikan semakin baik.

"Hal tersebut menunjukkan bahwa guru dan pihak sekolah mampu membangkitkan dan mengeksplorasi kemampuan anak didik sehingga bisa bersaing di tingkat nasional," tambah dia.

Ia menilai mutu pendidikan tidak hanya tergantung kepada bidang akademik saja. Oleh karena itu sektor kreativitas anak seperti bermain musik dan seni juga harus didukung sehingga kemampuan berpikir otak kanan dan kiri dapat seimbang.

Ia menyebutkan selain dapat membuktikan diri ke tingkat nasional, pencapaian tersebut juga merupakan salah satu indikator sebuah kota layak anak.

Dimana indikator yang dimaksud merujuk kepada anak-anak bisa merasakan kenyamanan dalam menempati suatu daerah sehingga berdampak positif pada aspek dunia pendidikan.

"Pemerintah juga telah memberikan arahan kepada setiap sekolah agar membuat Taman Sekolah sehingga anak-anak ketika jam istirahat bisa bermain sehingga memacu kemampuan afektif, kognitif, dan psikomotorik," jelasnya.

Ia berharap dengan terpilihnya satu pelajar di kota itu ke tingkat nasional, dapat menjadi motivasi terhadap ribuan pelajar lainnya dari berbagai satuan pendidikan untuk terus mengukir prestasi.

Sementara itu Kepala SDN 19 Padang, Redawati mengatakan terpilihnya Zila Anita Andra telah melalui sejumlah seleksi dan latihan rutin yang dilaksanakan.

Sebelumnya Zila Anita Andra juara II Festival Lomba Seni Siswa tingkat Sumbar pada Juli 2016, namun dengan sejumlah latihan yang dilakukan siswa tersebut terpilih mewakili Sumbar cabang bermain musik pianika. (*)