Hingga Kamis Pagi Terjadi Tiga Gempa Susulan

id BMKG

Hingga Kamis Pagi Terjadi Tiga Gempa Susulan

BMKG. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Padang Panjang, Sumatera Barat, menyebutkan hingga Kamis pagi sudah terjadi tiga kali gempa susulan di Pulau Pagai Kepulauan Mentawai.

"Gempa susulan pertama terjadi pada Rabu (24/8) pukul 22.59 Wib dengan kekuatan 3.8 Skala Richter pada posisi 41 Kilometer Barat Daya Pulau Pagai," kata Kepala BMKG stasiun Geofisika Padang Panjang, Rahmat Triyono dihubungi dari Padang, Kamis.

Ia mengatakan gempa susulan kedua yaitu Kamis dini hari pada pukul 00.26 Wib dengan kekuatan 3,5 Skala Richter pada posisi 28 Kilometer Barat Daya Pulau Pagai.

Kemudian yang ketiga pada pukul 02.04 Wib dengan kekuatan 3,8 Skala Richter dengan posisi 40 Kilometer Barat Daya Pulau Pagai.

Ia mengimbau masyarakat di Mentawai dan sekitarnya untuk tidak panik, karena gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Untuk potensi gempa susulan belum dapat diperkirakan, namun kita semua tetap harus waspada," kata dia.

Sebelumnya, gempa berkekuatan 5,8 Skala Richter dengan kedalaman 21 kilometer di Pulau Pagai Kepulauan Mentawai pada Rabu pukul 20.49 Wib di Pulau Pagai Kepulauan Mentawai.

Gempa terjadi di posisi 225 kilometer Barat Daya Padang, 155 kilometer Barat Daya Muko-muko Bengkulu, 164 kilometer Barat Daya Pesisir Selatan, 178 Barat Daya Sungai Penuhm Jambi, dan Jakarta 831.

Warga Kota Padang, Sumatera Barat merasakan guncangan gempa Pulau Pagai Kepulauan Mentawai yang cukup kuat pada Rabu (24/8) pukul 20.49 Wib.

"Saya langsung berlari ke luar rumah karena gempa tersebut, tetapi karena tidak berlangsung lama saya dan keluarga kembali ke dalam rumah," kata warga Limau Manis, Kecamatan Pauh, Anisa di Padang, Rabu (24/8) malam. (*)