Emas Berjangka Turun Jelang Simposium Federal Reserve AS

id Emas

Emas Berjangka Turun Jelang Simposium Federal Reserve AS

Emas. (Antara)

Chicago, (Antara Sumbar) - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Rabu (Kamis pagi WIB), karena para investor menunggu simposium musim panas Federal Reserve AS pada Jumat untuk petunjuk tentang kenaikan suku bunga.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember turun 16,4 dolar AS atau 1,22 persen menjadi menetap di 1.329,7 dolar AS per ounce.

Logam mulia telah terombang-ambing di tengah pergeseran ekspektasi tentang kebijakan suku bunga Federal Reserve AS, menjelang simposium tahunan yang diawasi ketat di Jackson Hole, Wyoming, di mana Ketua Fed Janet Yellen akan berbicara pada Jumat.

Para ekonom mengatakan bank sentral AS masih sangat bergantung pada data ketika bank mempertimbangkan kebijakannya untuk pertemuan akhir 2016, tapi itu dilakukan sedikit untuk mencegah spekulasi pasar.

Emas diletakkan di bawah tekanan karena indeks dolar AS naik 0,25 persen menjadi 94,77 pada pukul 17.00 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar naik maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Para investor juga sedang menunggu rilis beberapa data ekonomi utama, termasuk barang tahan lama dan klaim pengangguran mingguan pada Kamis, serta laporan produk domestik bruto pada Jumat.

Perak untuk pengiriman September turun 36,6 sen, atau 1,93 persen, menjadi ditutup pada 18,556 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Oktober turun 29,1 dolar AS, atau 2,62 persen, menjadi ditutup pada 1.082,2 dolar AS per ounce. (*)