Kemenristek-Dikti Tambah Kuota Bidik Misi Politeknik Padang

id Kuota, Bidik, Misi, Politeknik, Padang

Padang, (Antara Sumbar) - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menambah kuota bidik misi Politeknik Negeri Padang (PNP) Sumatera Barat, yang sebelumnya berjumlah 130 menjadi 260 orang.

"Penambahan ini adalah jawaban dari surat permohonan yang kami ajukan ke Kemenriset-dikti beberapa waktu lalu, dan alhamdulillah PNP mendapat tambahan sebanyak 130 orang," kata Kepala Bagian Kemahasiswaan PNP Maidar di Padang, Rabu.

Ia mengatakan untuk proses penyeleksian calon penerima tambahan bidik misi tersebut sudah selesai dilakukan hingga tahap wawancara, dan sudah diputuskan siapa saja yang berhak menerima.

Ada sekitar 400 lebih mahasiswa yang mendaftar untuk mendapatkan bidik misi tersebut, namun karena keterbatasan kuota yang dipilih adalah orang yang benar-benar membutuhkan, katanya.

Calon penerima bidik misi, tambahnya, akan ditinjau kembali untuk validasi data pihak penyeleksi akan datang langsung ke rumahnya dan melihat secara jelas apakah wajar atau tidak menerima beasiswa ini.

"Kami seleksi dengan ketat, agar bidik misi ini tepat sasaran dan tidak digunakan untuk hal-hal di luar urusan akademik," tambahnya.

Maidar mengharapkan seluruh penerima bidik misi PNP agar menggunakan uang negara itu sebaik-baiknya supaya dapat memenuhi moto dari bidik misi itu sendiri yaitu 'menggapai asa, memutus rantai kemiskinan.

Sementara itu salah seorang Mahasiswa Teknik Sipil PNP, Widya putri (20) mengatakan sangat terbantu dengan adanya dana bantuan bidik misi ini yang diterima sejak masuk kuliah.

"Saya tidak harus membayar uang semester dan uang pratikum lainnya, serta biaya hidup juga dikasih," kata mahasiswa asal Riau itu.

Ia juga mengharapkan penerima bidik misi ini harus lebih semangat belajar dan menggali ilmu karena sudah dibayarkan oleh negara. (*)